Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memukul bedug menandai pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Sleman 2022. (foto: antara)
Antara

SLEMAN, iNews.id - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Sleman tahun 2022 di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Jumat (11/11/2022). Bupati mengajak umat Islam menjadi Al Quran sebagai way of life.  

"Jadi Al Quran tidak hanya sekadar dibaca saja, tapi mari jadikan Al Quran sebagai way of life dalam kehidupan sehari-hari," kata Kustini. 

Pada era kemajuan teknologi informasi, kata bupati, anak harus dibentengi dengan Al Quran agar tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja dan kejahatan jalanan. Harapannya melalui MTQ ini bisa mencetak generasi Quran yang akan berperan dan berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Sleman. 

“Semoga akan melahirkan kafilah berprestasi yang mampu mengharumkan Kabupaten Sleman di kancah nasional dan internasional,” ujarnya. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Sleman Mustadi mengatakan, MTQ dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu (12/11/2022) dan Minggu (13/11/2022). MTQ dilaksanakan di kompleks Pemda Sleman dan di kantor Kemenag Sleman. 

”Ada 14 jenis lomba pada MTQ ini yang diikuti oleh kafilah dari 17 kapanewon dengan peserta sebanyak 557 orang, offisial masing-masing kapanewon 68 orang, dewan hakim 53 orang, panitera 16 orang, dan pewara 16 orang,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini  bupati menyerahkan uang penghargaan kepada delapan kafilah asal Sleman yang mewakili DIY pada MTQ Nasional 2022 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada 10-19 Oktober 2022 lalu.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT