16 kali Gelapkan Mobil, Pria di Sleman Ditangkap Polisi

Kuntadi · Jumat, 24 Juli 2020 - 19:04 WIB
 16 kali Gelapkan Mobil, Pria di Sleman Ditangkap Polisi
Polsek Bulaksumur Sleman mengungkap kasus penggelapan mobil. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Pelaku penipuan dan penggelapan mobil, HS (44) warga Sewon, Bantul, diamankan petugas unit Reskrim Polsek Bulaksumur, Sleman. Modusnya pelaku menyewa mobil dan menggadaikan ke orang lain. Setidaknya sudah ada 16 mobil yang digelapkan.

“Kita amankan pelaku di Ngluwar, Magelang setelah kabur dari rumahnya,” kata Kapolsek Bulaksumur, Kompol Sugiyarto, Jumat (24/7/2020).

Kasus ini berawal saat pelaku menyewa mobil milik Agus Dhemiswara warga, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman pada bulan Mei lalu. Lantaran saling kenal, pelaku tidak meninggalkan barang jaminan. Saat itu disepakati mobil disewa selama satu bulan dengan biaya sewa Rp4,3 juta.

Namun setelah jatuh tempo, pelaku tidak kunjung mengembalikan mobil. Pelaku terus menghindari dari korban yang mengejarnya. Belakangan, korban mendengar kalau mobilnya telah digadaikan Rp25 juta dan kasus ini dilaporkan ke polisi.

Berbekal dari laporan inilah, petugas melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku dalam pelarian. Ikut diamankan empat buah mobil yang disewa pelaku.

“Dari pengakuannya sudah 16 mobil yang disewa dan digelapkan dalam kurun waktu tiga bulan,” kata Kanit Reskrim Polsek Bulaksumur, Iptu Fendi Timur

Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 372 tentang penggelapan. Ancaman hukumannya empat tahun penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi