18 Tenaga Kesehatan di Sleman Positif Covid-19, Satu Sembuh

Kuntadi ยท Senin, 27 Juli 2020 - 19:08 WIB
18 Tenaga Kesehatan di Sleman Positif Covid-19, Satu Sembuh
Ilustrasi tenaga medis. (Foto: Istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Sebanyak 18 tenaga kesehatan di Kabupaten Sleman, DIY terpapar virus corona atau Covid-19. Jumlah ini merupakan akumulasi kasus yang tersebar di beberapa rumah sakit dan puskesmas.

“Total di Sleman ada 18 tenaga kesehatan yang positif Covid-19 dan satu di antaranya sudah sembuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo di Pendopo Parasamya, Sleman, Senin (27/7/2020).

Dinas Kesehatan Sleman terus melakukan screening terhadap para tenaga kesehatan. Setidaknya ada 2.000 yang harus menjalani pengujian baik secara rapid test ataupun menggunakan tes swab sejak bulan Juni lalu.

Dari 18 kasus ini, sebanyak tiga di antaranya dari puskesmas. Sementara lima orang merupakan tenaga kesehatan di rumah sakit dan 10 tenaga kesehatan yang bertugas di kabupaten/kota lain di luar Sleman.

“Tenaga kesehatan ini macam-macam, ada dokter perawat, apoteker ataupun laboratorium,” kata Joko.

Sementara total kumulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Sleman berjumlah 181. Sebanyak 35 pasien masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit sedangkan kasus kematian enam orang.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, Dinas Kesehatan Sleman terus melakukan rapid test massal dengan menyasar sekitar 5.000 orang. Pemkab Sleman bekerja sama dengan laboratorium Fakultas Kedokteran dan Keperawatan UMY untuk pengujian sampel. Setiap hari, sampel yang diperiksa bisa 60 sampai dengan 100 sampel yang diperiksa.


Editor : Kuntadi Kuntadi