2 Beruang Madu Lepas dari Kandang di Kulonprogo, Sempat Berkeliaran di Kebun

Kuntadi ยท Rabu, 29 April 2020 - 23:58 WIB
2 Beruang Madu Lepas dari Kandang di Kulonprogo, Sempat Berkeliaran di Kebun
Dua ekor beruang madu yang lepas di Kulonprogo berhasil ditangkap kembali petugas. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Dua ekor beruang madu (Sunbear) yang menjalani masa karantina di Wild Rescue Center di bawah pengelolaan Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo lepas dari kandangnya, Rabu (29/4/2020). 

Setelah lima jam berada di alam bebas dan berkeliaran di kebun warga, kedua ekor beruang madu akhirnya berhasil ditangkap kembali setelah ditembak denngan obat bius.

Kepala Seksi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Untung Suripto mengatakan, kedua ekor ini lepas dari kandang sekitar pukul 17.00 WIB. Tidak lama berselang satu ekor yang betina berhasil ditangkap di areal WRC dengan menggunakan jaring.

“Jadi ada dua lepas, dan tidak lama yang betina usia sekitar 5 tahun bisa langsung ditangkap,” ujar Untung.

Namun beruang jantan yang usianyab sudah 8 tahun kabur hingga keluar areal WRC. Upaya pencarian dilakukan oleh petugas dari WRCm dibantu TNIPolri dan juga dari BKSDA maupun dari Gembiraloka.

Barulah sekitar pukul 22.00 WIB, beruang jantan bisa ditangkap, setelah dilumpuhkan dengan menggunakan bius.  

“beruang ini sempat berkeliaran di kebun warga, yang sudah dekat pemukiman,” kata Suripto.

Pengelola YKAY, Tarko Sudiarno mengakui adanya keteledoran petugas yang menyebabkan beruang ini lepas. Usai membersihkan kandang dan memberikan makan,  saat mengunci pintu kandang tidak sempurna. Akibatnya ketika didorong pintu terbuka dan kedua beruang lepas.

“Kita akan evaluasi, kejadian ini agar kejadian ini tidak terulang,” kata Tarko.

Beruang yang jantan sifat alaminya cukup bagus. Beruang ini memiliki tenaga yang cukup besar untuk berontak. Saat sudah dibiuspun masih bisa berontak dan harus dilakukan penangkapan dengan jaring dan tali.

“Rencananya beruang ini akan dilepaskan ke habitat alaminya yang ada di Kalimantan atau Sumatera.

Sementara salah seorang warga, Trimiarno mengaku sempat resah dengan lepasnya beruang madu ini. Beruang ini sempat mendekati pemukiman warga dan cukup buas. Beruntung beruang ini cepat tertangkap.

“Warga sempat takut dan resah, beruntung cepat tertangkap,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki