27 Pengunjung Pantai Baron Tersengat Ubur-Ubur, 1 Korban Sesak Napas

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 19 Juni 2018 - 21:36 WIB
27 Pengunjung Pantai Baron Tersengat Ubur-Ubur, 1 Korban Sesak Napas
Petugas Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron Gunungkidul, Yogyakarta, memantau para pengunjung. (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Sebanyak 27 wisatawan di Pantai Selatan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tersengat ubur-ubur, Selasa (19/6/2018). Satu di antaranya nyaris pingsan akibat sengatan tersebut. Beruntung petugas segera membawanya ke Pos Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron untuk diberi oksigen.

Wisatawan yang nyaris pingsan, Gilang Dwi Pangestu, warga asal Solo, Jawa Tengah. Dia disengat ubur-ubur saat bermain air di pantai sepanjang Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Korban Gilang Dwi Pangestu mengaku, sebelum kejadian, dia tengah bermain air di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul. Saat itulah, dia di disengat ubur-ubur. Tak lama kemudian, korban merasakan panas di daerah yang tersengat ubur-ubur.

Tiba-tiba, dia juga mengalami sesak napas dan merasakan lemas di sekujur tubuh. Petugas Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron yang berjaga di lokasi langsung membawa korban ke Pos Sar untuk mendapatkan oksigen dan juga perawatan.

“Tadi saya lagi berenang, tiba-tiba sudah tersengat ubur-ubur. Rasanya panas di bagian yang disengat. Setelah itu saya sesak napas dan lemas,” kata Gilang Dwi Pangestu.

Sementara itu, Sekretaris Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron Surisdiyanto mengatakan, hingga Selasa sore, terdapat sebanyak 27 orang pengunjung pantai yang menjadi korban sengatan ubur-ubur. Umumnya para korban anak-anak yang tidak mengetahui bahaya sengatan ubur-ubur.

“Korban didominasi anak-anak. Sebenarnya sejak awal kami tidak bosan-bosannya mengimbau pengunjung agar mewaspadai ubur-ubur yang seperti balo. Jangan sekali-kali dipegang. Kebanyakan korban anak-anak membuat ubur-ubur ini jadi mainan,” papar Surisdiyanto.

Petugas Sarsatlinmas Wilayah II Pantai Baron sudah mengimbau kepada para wisatawan agar menggunakan alas kaki atau tidak menyentuh biota laut jika dirasa tidak mengenali secara pasti binatang yang akan dipegang. Termasuk ubur-ubur yang baru memasuki wilayah Pantai Selatan. Sebab, meskipun tidak menyebabkan kematian, sengatan ubur-ubur bisa mengakibatkan korban pingsan.


Editor : Maria Christina