43 Pohon Tumbang akibat Hujan dan Angin Kencang di Bantul

Kuntadi ยท Senin, 09 Desember 2019 - 10:25 WIB
43 Pohon Tumbang akibat Hujan dan Angin Kencang di Bantul
Ilustrasi angin kencang dan hujan lebat. (Foto: Istimewa)

BANTUL, iNews.id –Hujan lebat dan angin kencang melanda Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (8/12/2019). Setidaknya terdapat 43 laporan pohon tumbang.

Hingga Senin (9/12/2019) pagi kejadian pohon tumbang di Bantul dilaporkan tak menimbulkan korban jiwa. Namun sejumlah jaringan listrik rusak akibat pohon tumbang dan menyebabkan listrik padam. Selain itu sejumlah rumah warga dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon.

“Data sementara ada 43 titik pohon tumbang kemarin,” jelas Manager Pusdalops BPBD Bantul Aka Lukluk Firmansyah.

BACA JUGA: Detik-Detik Mobil Terangkat Angin Kencang di Serang Banten

Kejadian pohon tumbang itu dilaporkan berada di sejumlah  desa di Kecamatan Kasihan, Sewon, Jetis, Banguntapan dan Imogiri. Sejumlah ruas jalan sempat ditutup karena pohon tumbang. 

BPBD Bantul mengatakan sudah menerjunkan sejumlah personel untuk menyingkirkan pohon tumbang. “Kita libatkan sejumlah relawan untuk menangani musibah ini,” jelasnya.

Sementara Kepala Dusun Bibis, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, M Irvan mengatakan hujan deras mengguyur wilayahnya pada pukul 12.00 WIB. Hujan yang mengguyur tidak hanya lebat namun diikuti angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang. Pohon tumbang di lokasi itu juga merusak jaringan listrik dan rumah warga.

BACA JUGA: Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak, 2 Roboh

“Sebuah warung di Jalan Imogiri Barat juga rusak tertimpa pohon,” kata M Irvan.

Proses evakuasi pohon tumbang sudah dilakukan sejak Minggu (8/12/2019) malam. Evakuasi dilakukan BPBD bersama sejumlah relawan dan melibatkan warga. 


Editor : Rizal Bomantama