5 Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Klinik di Gunungkidul Ditutup Sementara

Kismaya Wibowo ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 15:47 WIB
5 Tenaga Kesehatan Positif Covid-19, Klinik di Gunungkidul Ditutup Sementara
Sebuah klinik kesehatan di Gunungkidul tutup,s etelah lima tenaga kesehatannya positif Covid-19. (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Sebuah klinik kesehatan di Kabupaten Gunungkidul, DIY ditutup untuk sementara waktu setelah sejumlah tenaga kesehatannya positif Covid-19. Selama dilakukan penutupan, seluruh ruangan disterilisasi.

“Ada lima yang positif Covid-19, untuk sementara waktu klinik kita tutup,” kata Direktur Klinik Multazam Wonosari, Iip Wibawa, Kamis (23/7/2020).

Kelima tenaga kesehatan ini, ditemukan positif Covid-19 dari hasil screening yang sudah rutin dilaksanakan. Sejak masa pandemi Covid-19, pengelola selalu rutin melakukan screening, untuk deteksi dini.

Dikatakan Iip, klinik Multazam sebenarnya telah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus corona. Mulai dari penerapan protokol kesehatan Covid-19, sampai dengan pengetatan pengunjung. Bahkan beberapa waktu lalu, sempat ada pengunjung marah karena akses masuk ketat dan terbatas.

“SOP kami sudah ada. Saat ada kontigensi harus kami tutup dan sterilisasi total,” katanya.

Iip berharap pasien yang menjalani perawatan untuk jujur kepada tim medis. Kejujuran sangat penting untuk menekan penularan Covid-19.

“Mohon doanya agar kami bisa mengabdikan diri kembali kepada masyarakat. Ini sudah menjadi resiko amanah keilmuan kami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati mengatakan, penambahan 10 kasus baru pada Rabu (22/7/2020) menjadi rekor tertinggi. Akumulasi kasus di Gunungkidul ada 90 kasus.

Kasus baru didominasi dari tenaga kesehatan, yang ada di beberapa fasilitas kesehatan. Mulai rumah sakit, puskesmas ataupun fasilitas lainnya.

“Semuanya sudah ditangani dan menjalani perawatan,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi