55 Anggota DPRD DIY Dilantik, 2 di Antaranya Anak Amien Rais

Kuntadi ยท Senin, 02 September 2019 - 18:07 WIB
55 Anggota DPRD DIY Dilantik, 2 di Antaranya Anak Amien Rais
Sebanyak 55 anggota DPRD DIY terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan anggota DPRD DIY periode 2019-2024. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sebanyak 55 anggota DPRD DIY periode 2019-2024 resmi menjabat sebagai wakil rakyat dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji di Gedung DPRD DIY, Senin (2/9/2019).

Dari 55 wakil rakyat terpilih itu, dua orang di antaranya merupakan anak politisi senior PAN, Amien Rais, yakni Hanum Salsabiela Rais (dapil Sleman) dan Ahmad Baihaqy (dapil Kulonprogo).

Sidang paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD DIY Yoeke Agung Indralaksana. Hadir dalam pelantikan itu, Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X, Wakil Gubernur Pakualam X, dan sejumlah tamu undangan.

Dari hasil Pemilu 2019, PDIP menempatkan 17 wakilnya, disusul Gerindra, PKS dan PAN yang masing-masing menempatkan tujuh wakil. Sedangkan PKB (6), Golkar (5), NasDem (3), dan PPP, PSI, serta Demokrat masing-masing satu kursi.

Sebelum pimpinan dan alat kelengkapan Dewan terbentuk, untuk jabatan Ketua sementara dijabat oleh Nuryadi dari PDIP dan wakilnya Huda Tri Yudiana dari PKS.

Ketua Sementara DPRD DIY, Nuryadi mengatakan dengan pelantikan ini dia bertekad untuk segera menjalankan fungsi DPRD DIY. Salah satunya dalam pembentukan fraksi, tata tertib DPRD dan penetapan pimpinan DPRD definitif.

"Kami mohon dukungan dari semuanya agar bisa terbentuk dengan cepat aman dan lancar," kata Nuryadi.

BACA JUGA: 39 Anggota DPRD Kulonprogo Dilantik, Masih Didominasi Wajah Lama

Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwo dalam sambutanya memberikan selamat kepada para wakil rakyat yang sudah diambil sumpah dan janjinya.

Sultan mengingatkan jika menjadi anggota DPRD memikul mandat dari masyarakat yang harus dipegang teguh. 

“Ini menjadi harapan baru untuk  menuntaskan agenda redormasi, untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih KKN, dan penegakan supremasi hukum,” katanya.

Menurut Sultan, Dewan harus memiliki hati nurani dan jangan sampai terkotori dengan perbuatan yang negatif yang akan menjadikan perlambatan dalam pembangunan. Jabatan harus dimaknai sebagai amanah yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. 

"Dewan memiliki peran strategis dalam penganggaran, legislasi maupun pengawasan," katanya.

Sultan berharap Dewan yang baru mampu mempercepat pelaksanaan otonomi daerah demi tercapainya kesejahteraan rakyat.

Mereka juga harus menjadikan Pancasila sebagai dasar negara yang aktual untuk merajut kembali persatuan nasional. "Pancasila jangan hanya sebagai simbol namun harus menjadi ideologi politik," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki