VIDEO

570 Siswa SMK Latihan Bela Negara Bersama Kodim Batul

Trisna Purwoko · Rabu, 11 April 2018 - 11:43 WIB
570 Siswa SMK Latihan Bela Negara Bersama Kodim Batul
Sebanyak 570 pelajar sekolah menengah kejuruan SMK Muhamadiyah 1 Imogiri Bantul di Kabupaten Bantul mengikuti latihan dasar mental dan disiplin (latsarmendis). (Foto: iNews)

BANTUL, iNews.id - Sebanyak 570 pelajar sekolah menengah kejuruan SMK Muhamadiyah 1 Imogiri Bantul di Kabupaten Bantul mengikuti latihan dasar mental dan disiplin (latsarmendis). Mereka dilatih baris berbaris dan keterampilan menggunakan tongkat untuk membangkitkan semangat bela negara.

Latihan berlangsung di halaman sekolah, Senin (9 April 2018)). Upacara pembukaan ditandai dengan pemasangan tanda peserta berupa pita merah, yang disematkan di lengan siswa. "Kegiatan latsarmendis tijutukan untuk membentuk karakter mental dan sikap kedisiplinan, serta menumbuhkan semangat bela negara," ucap Kepala Staff Kodim 0729 Bantul Mayor Inf Suwarno.

Pihak sekolah melibatkan personel Kodim 0729 Bantul dalam kegiatan ini untuk melakukan pembinaan mental dan sikap kedisiplinan selama empat hari peleksanaan.    

Kepala Sekolah SMK Muhamadiyah 1 Imogiri Nur Wahyuntoro berharap para siswa memiliki sikap mental dan kedisiplinan yang baik serta menjauhi segala tindakan negatif. Misalnya, menghindari tindak kriminal, tawuran, penyalahgunaan narkoba, serta kasus asusila yang banyak dilakukan generasi muda.   

"Harapan kami siswa mampu membentengi diri dari pengaruh gerakan-gerakan yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Nur Wahyuntoro.

Video Editor: Kuntadi


Editor : Achmad Syukron Fadillah