6.200 Kotak Suara Pemilu 2019 Tiba di KPU Kulonprogo

Kuntadi ยท Rabu, 24 Oktober 2018 - 13:02:00 WIB
6.200 Kotak Suara Pemilu 2019 Tiba di KPU Kulonprogo
Komisioner KPU Ilham Saputra (kanan) menunjukkan contoh kotak suara untuk Pemilu 2019 berbahan karton di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (30/9/2018). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

KULONPROGO, iNews.id – Kebutuhan logistik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, mulai didistribusikan ke daerah-daerah. Logistik awal yang diterima yakni kotak suara. Ada sebanyak 6.200 buah yang sudah sampai di gudang KPU Kabupaten Kulonprogo.

“Ini baru logistik awal berupa kotak suara,” kata Anggota KPU Kulonprogo Budi Priyono, seusai mengecek kotak suara di eks Bioskop Mandala Theater, Wates, yang menjadi lokasi gudang KPU, Rabu (24/10/2018).

Dia menjelaskan, sesuai dengan Pasal 341 Undang-Undang (UU) 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kotak suara yang akan akan dipakai merupakan kotak suara baru. Kotak ini berbahan karton dengan bagian depan dibuat transparan. Harapannya dengan bahan yang tembus pandang menjadikan proses pemilu lebih demokratis dan transparan.

“Harapan kami dengan model transparan seperti ini tidak ada kecurangan dalam pemilu dan pilpres,” ujarnya.


Dalam distribusi tersebut, kebutuhan kotak suara di Kulonprogo mencapai 6.515 buah. Namun dalam pengiriman kali ini baru ada 6.200 kotak suara. Sisanya akan dikirimkan dalam waktu dekat agar distribusi segera tuntas.

“Rencananya kekurangan kotak akan dikirimkan bersama logistik lainnya,” ucap Budi.

Petugas Sekretariat KPU Kulonprogo Marsudi Aji mengungkapkan, dalam distribusi setiap lima kotak dikemas dalam satu plastik Besar. Kelima kotak yakni untuk surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan satu kotak suara untuk pilpres.

“Ini semua pengadaan dari pusat. KPU Kulonprogo hanya menerimanya saja,” kata.

Sementara untuk kotak suara lama, yang terbuat dari alumunium, rencananya akan dilakukan penhapusan dari asset. Kotak suara ini akan dihibahkan kepada Pemkab Kulonprogo yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pemilihan kepala desa atau agenda pemilihan yang lain.

“Yang lama akan dihibahkan ke pemda, pemilu besok ganti dengan kotak dari karton ini,” ujarnya.

Editor : Donald Karouw