Tenaga Kesehatan RSUD Bantul Jalani Rapid Test, 6 Orang Reaktif

Kuntadi ยท Senin, 01 Juni 2020 - 13:41 WIB
Tenaga Kesehatan RSUD Bantul Jalani Rapid Test, 6 Orang Reaktif
ilustrasi rapid test.

BANTUL, iNews.id – Ratusan tenaga kesehatan yang bekerja di RSUD Panembahan Senopati Bantul, menjalani rapid test untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Setidaknya ada 6 yang hasilnya reaktif dan disarankan melakukan isolasi mandiri.

Rapid test ini dilaksanakan secara bertahap, mulai 26 Mei lalu. Setiap harinya ada 20 tenaga kesehatan yang diambil sampel darahnya untuk diteliti. Hingga kini sudah ada ratusan yang telah diambil sampelnya.

“Setiap hari ada 20 yang dan hasilnya ada enam yang reaktif,” kata Humas RSUD Panembahan Senopati, Bantul, Siti Rahayuningsih, kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Terhadap mereka yang hasilnya reaktif telah ditindaklanjuti dengan swab tes. Mereka juga dibebaskan dari pekerjaannya dan diminta untuk melakukan isolasi mandiri sembari menunggu hasil swab keluar.

“Kalau swab keluar dan positif, langsung kita rujuk ke rumah sakit, tetapi yang negatif tetap isolasi 14 hari,” ujarnya.

Siti mengatakan, rapid test ini untuk memastikan kondisi tenaga kesehatan di RSUD Bantul dalam kondisi yang sehat. Mereka kerap berhubungan dengan pasien positif ataupun pasien dalam pengawasan (PDP). Kondisi ini membuat mereka akan lebih rentan tertular.

“Mereka adalah garda terdepan penangan Covid-19, kita ingin mereka tetap sehat dan semoga hasilnya negatif,” ujarnya.

Rapid test ini juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang hendak berobat. Selama masa pandemi Covid-19, kunjungan pasien mengalami penurunan drastis. RSUD Bantul ingin memastikan tenaga kesehatan yang ada bebas dari Covid-19, agar masyarakat lebih tenang.

“Kunjungan pasien turun hingga 50 persen, kita ingin masyarakat yang ingin berobat juga nyaman,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi