68 Hotel dan Restoran di Yogyakarta Ajukan Verifikasi Pelaksanaan New Normal

Kuntadi ยท Selasa, 01 September 2020 - 17:20 WIB
68 Hotel dan Restoran di Yogyakarta Ajukan Verifikasi Pelaksanaan New Normal
Pemkot Yogyakarta memberikan sertifikat kepada hotel dan restoran yang lolos verifikasi pelansanaan Covid-19. (Foto: doc Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id – Sebanyak 68 hotel dan restoran di Kota Yogyakarta mengajukan verifikasi kelayakan operasional era adaptasi kebiasaan baru (new normal). Seluruh pelaku usaha berkomitmen menjalankan protokol kesehatan.

“Untuk DIY sudah ada 148 hotel dan restoran yang melakukan verifikasi, khusus Yogyakarta ada 68,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono, Selasa (1/9/2020).

Proses verifikasi ini sudah dilaksanakan sejak awal Agustus lalu. Tidak hanya hotel dan restoran berbintang, namun nonbintang juga mengajukan verifikasi. Semuanya siap melaksanakan protokol kesehatan, guna menyambut kedatangan wisatawan di Yogyakarta.

“Ini (verifikasi) sangat dibutuhkan pelaku pariwisata sebagai salah satu bagian dari promosi destinasi hotel dan restoran,” katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjelaskan, proses verifikasi dilakukan untuk mendorong komitmen pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan peningkatan kesungguhan para pelaku di bidang pariwisata dalam menjalankan protokol kesehatan,” kata Heroe.

Bagi hotel dan retoran yang lolos verifikasi akan diberi stiker pada bagian front office, jika telah melaksanakan protokol kesehatan. Ini merupakan cara untuk melindungi masyarakat dalam mendapatkan keamanan dan kenyamanan di setiap aktivitas.

Proses pengajuan verifikasi dilakukan secara online melalui website Dinas Pariwisata yang tidak dibatasi waktu. Dari pengajuan ini akan ditindaklanjuti dengan verifikasi di lapangan untuk mengecek pelaksanaan protokol kesehatan.


Editor : Kuntadi Kuntadi