7 Fraksi DPRD DIY Terbentuk, Ini Komposisinya

Kuntadi ยท Rabu, 04 September 2019 - 23:05 WIB
7 Fraksi DPRD DIY Terbentuk, Ini Komposisinya
DPRD DIY berhasil membentuk alat kelengkapan dewan. (Foto: SINDOnews)

YOGYAKARTA, iNews.id – Penyusunan alat kelengkapan (Alkap) DPRD DIY telah berhasil menyelesaikan pembentukan fraksi. Ada tujuh fraksi yang terbentuk di DPRD DIY.

Tujuh fraksi yang terentuk yakni, Fraksi PDIP yang diketuai Dwi Wahyu, Fraksi PKS diketuai Imam Taufik, Fraksi PAN diketuai  Suharwanto dan Fraksi Gerindra yang diketuai Danang wahyu Broto.

Sedangkan Fraksi PKB diketuai Aslam Ridho, Fraksi Partai Golkar (FPG) diketuai Ranny Widayati dan Fraksi NasDem, PSI PPP dan Partai Demokrat diketuai Suparja.

“Hari ini kita sudah selesai membuat fraksi dan ada tujuh,” kata Ketua DPRD DIY sementara, Nuryadi, seusai menggelar rapat paripurna di Gedung DPRD DIY, Rabu (4/9/2019).

BACA JUGA: Gubernur DIY: Jangan Kotori Kedudukan Terhormat Wakil Rakyat dengan Korupsi

Dia menjelaskan, pembentukan fraksi ini dilaksanakan dengan mendasari Peraturan DPRD Nomor 01 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD DIY Pasal 44.

Dalam pasal itu disebutkan, pimpinan sementara memiliki tugas memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib, memproses penetapan pimpinan definitif, menjadi juru bicara DPRD, dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya dalam rapat paripurna.

Sedangkan dalam Pasal 33 ayat (1) dan ayat (9)  dijelaskan untuk mengoptimalkan fungsi, tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD, dibentuk Fraksi sebagai wadah berhimpun anggota DPRD.

“Pembentukan fraksi tersebut dilaporkan kepada pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam Rapat Paripurna,” ujarnya.   

 


Editor : Kastolani Marzuki