7 Nakes di DIY Positif Covid-19, Kasus Corona Bertambah 15 Jadi 572

Kuntadi ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 17:19 WIB
 7 Nakes di DIY Positif Covid-19, Kasus Corona Bertambah 15 Jadi 572
ilustrasi virus corona: istimewa

YOGYAKARTA, iNews.id – Sebanyak tujuh tenaga kesehatan di DIY dinyatakan positif Covid-19. Mereka ditemukan terinfeksi virus Corona setelah dilakukan screening kepada para tenaga kesehatan.

Selain tujuh orang dari tenaga kesehatan, ada penambahan delapan kasus baru Covid-19 di DIY sehingga total kumulatif pasien corona hingga Selasa (28/7/2020), menjadi 572 orang.

“Hari ini ada tambahan 15, sehingga total kasus positif Covid-19 di DIY menjadi sebanyak 572 kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pemda DIY dalam Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Selasa (28/7/2020).

Sebanyak 15 kasus ini, terbagi di tiga Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul dengan masing-masing lima kasus. Dari kasus yang ada, sebanyak tujuh orang merupakan tenaga kesehatan di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Sisanya melakukan kontak dengan kasus positif dan pelaku perjalanan luar kota.

Sementara untuk kasus sembuh, tercatat ada penambahan enam kasus menjadi 356 kasus. Semua pasien sembuh ini berasal dari Kabupaten Bantul. Sedangkan kasus meninggal dunia ada penambahan dua orang dari Bantul dan Sleman menjadi 19 kasus.

“Dua pasien meninggal ini, kondisinya memang sudah parah dengan komorbid ginjal,” katanya.

Berty memastikan, tingginya penambahan kasus ini tidak lepas dari screening dari setiap kasus. Dinas Kesehatan di seluruh kabupaten/kota juga melakukan tes swab kepada tenaga kesehatan kelompok masyarakat yang rentan tertular karena mobilitasnya yang cukup tinggi.

“Hari ini ada 862 sampel yang diperiksa dari 830 orang,” kata Berty.


Editor : Kuntadi Kuntadi