9.000 Nakes di Bantul Jadi Sasaran Vaksinasi Booster Tahap Keempat

Kuntadi ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 13:55:00 WIB
9.000 Nakes di Bantul Jadi Sasaran Vaksinasi Booster Tahap Keempat
Dinas Kesehatan Bantul segera lakukan vaksinasi tahap keempat bagi tenaga kesehatan.. (Foto: Ilustrasi/Ist)

BANTUL,iNews.id - Dinas Kesehatan Bantul segera melaksanakan vaksinasi dosis tahap keempat atau booster bagi tenaga kesehatan. Ada sekitar 9.000 tenaga kesehatan yang menjadi sasaran vaksinasi ini. 

“Ini masih persiapan, targetnya minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja, Rabu (3/8/2022). 

Pelaksanaan vaksinasi ini menunggu alokasi vaksin bagi tenaga kesehatan. Kebutuhan sekitar 9.000 dosis sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada. Vaksin  dosis keempat akan disesuaikan dengan dosis ketiga. Jika menggunakan AstraZenecca untuk vaksin ketiga maka keempat juga harus sama. Begitu juga untuk Pfizer ataupun moderna. 

“Vaksinasi ini untuk melindungi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan penanganan pandemi Covid-19 dan memiliki resiko tinggi tertular,” katanya. 

Agus mengatakan, vaksinasi booster kini mulai diminati masyarakat. Setelah kasus Covid-19 belakang naik kembali, masyarakat mulai tertarik mendapatkan vaksin. Capaian vaksinasi booster di Bantul baru 24 persen atau sekitar 183.953 dari 752.225 sasaran. Sementara untuk dosis kedua telah mencapai 758.765 sasaran atau 84,37 persen dan dosis pertama 87,94 persen atau 790.894 sasaran.

"Belakangan vaksin booster meningkat. Masyarakat mulai tertarik," kata Agus.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meminta agar masyarakat tetap disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan. Meski sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, bukan jaminan bebas dari Covid-19.  

"Masyarakat tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: