9.068 Mahasiswa Baru Ikuti PPSMB UGM 2020, Jokowi: Mahasiswa Harus Berprestasi

Kuntadi ยท Senin, 07 September 2020 - 11:39:00 WIB
9.068 Mahasiswa Baru Ikuti PPSMB UGM 2020, Jokowi: Mahasiswa Harus Berprestasi
Universitas Gadjah Mada menggelar PPSMB UGM 2020 yang diikuti mahasiswa baru. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gadjah Mada (UGM) 2020, diikuti 9.068 mahasiswa baru UGM baik dari program sarjana ataupun sarjana terapan. Presiden Joko Widodo ikut memberikan orasi dan menyemangati para mahasiswa agar tekun belajar.

“Selamat menjadi Gadjah Mada muda. Saya tahu perjuangan untuk diterima di perguruan tinggi ternama itu tidak mudah, ada persaingan yang ketat, dan saudara adalah orang yang terpilih,” kata Presiden Jokowi dalam orasinya secara daring, Senin (7/9/2020). PPSSMB UGM dilaksanakan secara daring karena dalam masa pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan, sebagai mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi ternama merupakan sebuah kesempatan emas, untuk membangun kepemimpinan dan jaringan, serta mempersiapkan masa depan. Kesempatan ini harus bisa memperkokoh ke-Indonesiaan, melalui pertemanan. Mahasiswa di UGM berasal dari seluruh Indonesia, yang berbeda suku agama dan adat tradisi.

”Empat puluh tahun lalu, saya juga diterima di UGM,” kata Jokowi.

Menurut Presiden, dirinya selalu memegang teguh apa yang diperoleh ketika kuliah di UGM. Menjadi mahasiswa UGM harus berprestasi dan tidak boleh melupakan akarnya, yakni kerakyatan, kecintaan kita kepada rakyat, kepada bangsa dan negara.

Perubahan saat ini terjadi begitu cepat, dengan pengetahuan baru yang terus bermunculan dan disrupsi yang terjadi di seluruh sendi kehidupan, Mahasiswa dituntut untuk terus memperbarui pengetahuan dengan memanfaatkan sarana-sarana yang tersedia.

“Mahasiswa baru UGM menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif, yang mampu mengasah talenta dan memperkuat keterampilan, tapi tetap memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan semangat kebangsaan, semangat kerakyatan, berdasar Pancasila, Konstitusi, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Jokowi.

Tahun ini UGM menerima 7.927 mahasiswa program sarjana, dan 1.141 mahasiswa terapan. Sebanyak 22,27 persen merupakan mahasiswa penerima bantuan KIP-K. Mahasiswa baru ini berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, dan 21 negara.

Rektor UGM, Panut Mulyono, memaparkan bahwa PPSMB tahun ini mengusung tema “Gemilang Budaya, Songsong Dunia” yang selaras dengan visi dan jati diri UGM.

“Seluruh rangkaian kegiatan PPSMB akan memberikan bekal dan menjadi awal dari langkah para mahasiswa dalam bekerja dan menciptakan karya yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” kata Rektor.

Dengan dijiwai tema itulah, UGM ingin mahasiswa menjadi sang juara yaitu yang santun, amanah, nasionalis, gembira, jujur, unggul, adil, religius, dan andal.

Editor : Kuntadi Kuntadi