Ada Potensi Gelombang Tinggi, Wisatawan di Pantai Selatan Kulonprogo Diimbau Berhati-Hati

Budi Utomo · Selasa, 03 Mei 2022 - 17:00:00 WIB
Ada Potensi Gelombang Tinggi, Wisatawan di Pantai Selatan Kulonprogo Diimbau Berhati-Hati
Wisatawan menikmati keindahan alam di Pantai Glagah Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Wisatawan yang berkunjung di pesisir selatan Kulonprogo diminta untuk berhati-hati. Sesuai prakiraan dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), ada potensi gelombang besar di atas normal.  

“Kami imbau wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata pantai untuk berhati-hati karena ada potensi gelombang besar,” kata  Koordinator SAR Satlinmas Wilayah V Glagah Aris Widiatmoko, Selasa (3/5/2022). 

Menurutnya, hingga siang tadi, kondisi gelombang masih normal meski mulai ada peningkatan.  Dari prakiraan BMKG gelombang tinggi akan mulai terjadi mulai sore ini dengan ketinggian diperkirakan mencapai empat meter di atas normal.  

“Prakiraan dari BMKG ketinggian gelombang antara 2,5 meter hingga empat meter di atas normal,” katanya.  

Selama libur Lebaran ini terpantau jumlah wisatawan yang datang terus meningkat. Hari ini tercatat sudah lebih dari 2.000 wisatawan yang datang melalui tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Glagah.  

Aris menuturkan untuk menjaga keamanan wisatawan, Tim SAR menyiagakan 43 pesonel dari Pantai Mangrove sampai dengan di Pantai Trisik. Wisatawan dilarang untuk mandi karena cukup berbahaya. 

“Ada 43 personel yang disiapkan, untuk mengamankan wisatawan,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: