Akun WA Palsu Wabup Klaten Beredar, Modus Beri Bantuan Sosial Keagamaan untuk Menipu

Saeful Efendi ยท Rabu, 28 September 2022 - 11:42:00 WIB
Akun WA Palsu Wabup Klaten Beredar, Modus Beri Bantuan Sosial Keagamaan untuk Menipu
Akun WA Wakil Bupati Klaten beredar di masyarakat untuk menipu dengan modus memberikan bantuan (Foto: iNews.id)

KLATEN, iNews.id - Akun WhatsApp (WA) palsu yang mengatasnamakan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya beredar di masyarakat. Dia menghubungi sejumlah lembaga sosial dan keagamaan dengan modus memberikan bantuan. 

Dalam aksinya, pelaku menginformasikan kepada pengelola panti asuhan, takmir masjid dan lembaga sosial lain akan ada bantuan sosial keagamaan. Selanjutnya mereka diminta mengirimkan nomor rekening bank karena dananya akan ditransfer.

Setelah dikirimi nomor rekening, pelaku kemudian mengirimkan bukti transfer fiktif. Nominal itu meleihi dari jumlah donasi yang akan diberikan. Karena merasa ada kelebihan dana, mereka kemudian meminta pengelola untuk mengembalikan kelebihan ke nomor rekening pelaku.  

“Saya pastikan nomor itu bukan milik saya. Itu bukan akun WA saya,” kata Yoga, Rabu (28/9/2022). 

Menurutnya dia telah dihubungi sebuah yayasan yang ada di Jatinom, dan SMAN Wedi. Mereka mengonfirmasi adanya bantuan tersebut. Namun ada juga yang terpancing dan telanjur mengembalikan dana Rp6 juta. Padahal tidak pernah mengirimkan bantuan Rp13 juta. 

“Kami minta warga untuk berhati-hati dan tidak termakan hoaks,” ujarnya. 

Modus penipuan seperti ini bukanlan yang pertama. Sebelumnya juga ada akun yang mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani dengan modus yang sama. Kasus itu sudah ditangani Dinas Komunikasi dan Informatika. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: