Angin Kencang di Sleman, Banyak Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Sindonews, Priyo Setyawan ยท Sabtu, 22 Agustus 2020 - 09:35 WIB
Angin Kencang di Sleman, Banyak Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga
Pohon besar tumbang menutup akses jalan. (Foto: Dok iNews).

SLEMAN, iNews.id - Angin kencang yang melanda Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta (DIY), pada Jumat (21/8/2020) kemarin menyebabkan banyak pohon tumbang. Peristiwa ini terjadi di 11 titik daerah tersebut.

Data dari BPBD Selaman, pohon tumbang menimpa fasilitas publik dan rumah warga di tujuh kecamatan, antara lain di wilayah Cangkringan, Ngemplak, Pakem, Ngaglik, Godean, Depok dan Kalasan.

"Itu data yang masuk hingga pukul 15.00 WIB," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, di Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (21/8/2020) sore.

Sebelumnya BMKG mengimbau masyarakat di DIY waspada dengan angin kencang dengan kecepatan 40-49 kilometer per jam. Kondisi ini diprediksi menyebabkan pohon tumbang, seng rumah berterbangan dan baliho roboh.

Angin kencang di wilayah DIY berlangsung selama dua hari pada 21 - 22 Agustus 2020. Masyarakat diminta berhati-hati dengan kondisi tersebut pada siang dan sore hari.

Hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat perbedaan tekanan udara tinggi di sebelah barat Australia berkisar 1.024 milibar (mb) dengan tekanan udara rendah di sebelah barat perairan Sumatera berkisar 1.010 mb.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal