Angin Kencang Rusak Sejumlah Rumah Warga di Bantul dan Gunungkidul

Kuntadi ยท Senin, 18 November 2019 - 18:53 WIB
Angin Kencang Rusak Sejumlah Rumah Warga di Bantul dan Gunungkidul
Pohon tumbang menimpa rumah warga setelah angin kencang melanda permukiman warga di Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Kulonprogi, DIY, Senin (18/11/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.idAngin kencang melanda Kecamatan Banguntapan dan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY, Senin (18/11/2019). Sejumlah rumah warga rusak di bagian atap dan tertimpa pohon tumbang. Namun, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Di Kecamatan Banguntapan, angin kencang melanda Dusun Sarirejo 2 Desa Singosaren. Beberapa atap rumah yang terbuat dari asbes lepas dan ikut terbang terbawa angin. Kondisi yang sama juga terjadi di Kecamatan Piyungan.

“Kejadiannya hanya beberapa detik saja, namun angin sangat kencang,” kata salah seorang warga Singosaren, Tedi.

 

BACA JUGA:

Angin Kencang Kembali Terjang Sumberbrantas Kota Batu, Ratusan Warga Mengungsi

400-an Rumah Rusak dan 2 Ambruk Diterjang Angin Kencang di Grobogan Jateng

 

Tedi mengatakan, angin kencang datang dengan tiba-tiba. Angin tersebut lalu berputar-putar dan semakin kencang, menyapu permukiman warga. “Sejumlah rumah warga rusak dan sebagian genting berhamburan. Begitu juga dengan atap yang terbuat dari asbes banyak yang lepas,” katanya.

Warga lain, Jumari mengatakan, pascaangin kencang, warga langsung merapikan genting-genting rumah yang rusak. Banyak warga yang bergotong royong membantu tetangganya agar perbaikan bisa dilakukan dengan cepat. “Kebanyakan ruamh yang rusak memang di bagian atap,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan kerusakan rumah warga. Warga diminta untuk waspada karena saat ini tengah memasuki musim pancaroba. Angin kencang berpotensi terjadi menjelang turun hujan.

“Tapi, ini tidak bisa diprediksi. Sebab, ketika musim hujan pun bisa terjadi embusan angin kencang. Saat ini, kami masih melakukan pendataan. Kami mengingatkan warga untuk waspada,” katanya.

Sementara itu, di Kabupaten Gunungkidul, angin kencang juga menyapu permukiman warga. Salah satu rumah milik Mardirejo, warga Semoyo, Patuk, Gunungkidul, rusak tertimpa pohon tumbang.


Editor : Maria Christina