April, GeNose Mulai Digunakan untuk Tes Covid-19 di Bandara

Felldy Utama · Selasa, 16 Maret 2021 - 18:17:00 WIB
 April, GeNose Mulai Digunakan untuk Tes Covid-19 di Bandara
GeNose alat deteksi Covid-19 lewat embusan napas. (Foto : MNC Portal Indonesia/priyo setyawan)

JAKARTA, iNews.id - Mulai 1 April 2021 mendatang GeNose C19 mulai digunakan untuk tes Covid-19 di bandara. Dalam penerapannya, Kemenhub baru akan membuka layanan ini hanya di empat bandara di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam forum rapat kerja (Raker) bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021). Dalam kesempatan itu, Budi melaporkan layanan pemeriksaan ini sebelumnya sudah dibuka di stasiun kereta api.

"Sudah ada 14 stasiun kereta api. kita harapkan 44 stasiun akan kita selesaikan," kata Budi dalam paparannya.

Dia juga menyampaikan, pada 1 April 2021 mendatang, pemerintah telah memperluas jangkauan layanan pemeriksaan GeNose C19 ini ke bandara. Dalam pemberlakuannya, kata dia, juga akan dilakukan secara bertahap seperti stasiun kereta api.

"Pertama kali kita akan lakukan di empat bandara. Bukan di Soekarno-Hatta, tapi di Kualanamu, di Bandung, di Jogja, dan di Surabaya. baru secara perlahan kita akan lakukan untuk penggunaan Genose ini," ujarnya.

"Kita harapkan pada 1 Mei sudah di seluruh Indonesia diberlakukan," tutur dia melanjutkan.

Untuk diketahui, dalam Raker antara Menhub dan Komisi V DPR ini membahas sejumlah topik. Mulai dari membahas pelaksanaan program transportasi nasional pada saat dan pascapandemi Covid-19 hingga membahas kesiapan transportasi untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2021.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: