Asyik Mandi, 2 Wisatawan di Pantai Parangtritis Terseret Ombak

Kuntadi ยท Selasa, 01 Januari 2019 - 17:41:00 WIB
Asyik Mandi, 2 Wisatawan di Pantai Parangtritis Terseret Ombak
Petugas SAR saat mengevakuasi korban hanyut terseret ombak di Pantai Parangtritis, Bantul, DIY. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Gelombang tinggi menyeret dua wisatawan lokal saat berekreasi di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (1/1/2019). Petugas SAR yang berjaga di lokasi bergerak cepat dan mengevakuasi keduanya dalam kondisi selamat.

Informasi yang dirangkum iNews.id, identitas dua wisatawan yang terseret ombak yakni Agil Sutopo (19) dan Ismiyati (29). Keduanya tercatat sebagai warga Ngemplak, Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

Sebelum terseret ke tengah, kedua korban sedang bermain air di sekitaran palung. Mendadak datang gelombang yang langsung menarik mereka. Awalnya ombak menarik Agil ke tengah. Melihat kejadian ini, Ismiyati berusaha menolong namun malah ikut tertarik. Beruntung kejadian ini diketahui petugas SAR di lokasi yang langsung mengevakuasi kedua korban dan membawanya ke tepian.

“Ada dua yang sempat terseret ke tengah, tetapi langsung ditolong petugas. Keduanya dalam kondisi selamat,” ujar Humas Kantor Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto, Selasa (1/1/2018).


Dia menjelaskan, petugas sudah beberapa kali mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak mandi di laut. Termasuk kepada kedua korban. Hal itu karena para pengunjung tak banyak yang mengetahui karakteristik Pantai Selatan Jawa. Di mana banyak terdapat palung di sekitar pantai yang arusnya cukup deras.

Basarnas berharap, pengunjung Pantai Parangtritis mentaati imbauan. Salah satunya dengan tidak mandi di laut karena ombak saat ini cukup besar dan berisiko.

“Rambu imbauan sudah kami pasang. Harapan kami tentu pengunjung pantai mentaatinya dan tidak berenang dalam kondisi cuaca saatr ini,” kata Eriyanto.


Editor : Donald Karouw