Bacok Mahasiswa, 3 Pelajar SMP Pelaku Klitih di Yogyakarta Jadi Tersangka

Suharjono ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 16:50 WIB
Bacok Mahasiswa, 3 Pelajar SMP Pelaku Klitih di Yogyakarta Jadi Tersangka
Kapolsek Umbulharjo Kota Yogyakarta Kompol Alaal Prasetyo saat gelar perkara kasus klitih yang dilakukan tiga pelajar SMP. (Foto: SINDOnews)

YOGYAKARTA, iNews.id – Polsek Umbulharjo Kota Yogyakarta menangkap tiga pelajar SMP yang diduga kerap melakukan aksi klitih. Ketiga pelaku yang sudah ditetapkan tersangka yakni, AM (17), NS (15), dan In (15). Mereka siswa SMP di Banguntapan Bantul.

Kapolsek Umbulharjo Yogyakarta, Kompol Alaal Prasetyo mengatakan, ketiga tersangka ditangkap polisi lantaran membacok mahasiswa asal Tangerang, Banten di Kota Yogyakarta. Akibat aksi klitih itu, korban yang diketahui bernama Muhammad Awan Saktiyanto luka parah di bagian kepala dan tangan.

“Mereka kita amankan pada Kamis (5/12/2019) lalu di rumah masing-masing," katanya di Mapolsek Umbulharjo Yogyakarta seperti dikutip SINDOnews, Minggu (8/12/2019).

Selain menangkap tiga tersangka, polisi juga mengamankan sepeda motor Honda Supra nopol AB 2976 CZ warna hitam, serta satu jaket switter warna biru.

“Tersangka dijerat dengan Pasal 170 ayat (1) dan (2) Juncto 55 KUHP Sub Pasal 354 ayat 1 Juncto 55 KUHP , dan subsider Pasal 351 ayat (1), (2) Juncto 55 KUHP dengan ancaman penjara paling lama 9 tahun,” kata Kompol Alaal.

Penangkapan ketiga tersangka berawal dari adanya informasi pembacokan terhadap Muhammad Awan Saktiyanto. Korban dibacok usai bermain dengan ketiga temannya di wilayah Balirejo, Yogyakarta pada 10 November 2019 lalu.

"Kasus ini menemukan titik terang setelah ada kasus penganiayaan di wilayah Gondomanan pada 1 Desember lalu. Kemudian mengerucut tiga nama dan kita tangkap," katanya.

Motif pembacokan yang dilakukan para pelajar SMP ini, kata Alaal, lantaran motor korban dianggap menghalang-halangi jalan pelaku.

“Korban sempat ditanya ketiga pelaku, lalu langsung dibacok di bagian kepala. Tidak hanya itu pelaku kembali membacokkan clurit di bagian tangan baik kanan dan kiri sebelum kabur," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki