Bandara Baru Yogyakarta Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan Asing

Kuntadi ยท Senin, 19 Maret 2018 - 01:12 WIB
Bandara Baru Yogyakarta Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan Asing
Goa Pindul di Gunungkidul DIY masih menjadi magnet wisatawan asing. (Foto: Dok.iNews.id)

YOGYAKARTA,iNews.id – Dinas Pariwisata Provinsi DIY optimistis kunjungan wisatawan domestik maupun asing akan melonjak drastis setelah bandara baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) beroperasi pada 2019 mendatang.

Saat ini, Dinas Pariwisata masih kesulitan mengejar target sebanyak 800.000 wisatawan. “Memang target 800.000 itu berat. Tetapi kita akan terus berupaya,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto di Kepatihan, Minggu (18/3/2018).

Kendati demikian, kata Aris, Dinas Pariwisata terus berupaya untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan asing dengan berbagai strategi. Salah satunya dengan menggelar beberapa promo dan pameran objek wisata.

Upaya itu membuahkan hasil karena sampai pertengahan Maret ini sudah ada 400.000 an turis asing yang melancong ke Yogyakarta. Karena itu, Aris optimistis target 800.000 wisawatan akan tercapi sampai akhir tahun mendatang.

Aris mengungkapkan, salah satu kendala untuk menarik wisata asing adalah akses transportasi. Saat ini, Bandara Adisutjipto yang melayani penerbangan asing masih terbatas. Harapannya bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport) akan banyak diminati rute penerbangan international. “Bandara NYIA baru akan beroperasi 2019 nanti,” ujarnya.

Selama ini, wisatawan asing datang dari beberapa negara di kawasan Asia, seperti Malaysia, Singapura, China, Korea ataupun Australia. Sedang dari Eropa masih didominasi dari turis Belanda, Jerman dan Perancis.

Bupati Kulonporgo Hasto Wardoyo optimististis Bandara NYIA akan beroperasi pada 2019 mendatang. Saat ini proses pembebasan lahan tinggal sedikit. Bahkan Sebelum 20 Maret smeuanya sudah selesai dan akan diputus di Pengadilan melalui konsinyasi.

Menurutnya Bandara NYIA, akan menjadi pintu masuk pariwisata di DIY, maupun Jawa Tengah bagian Selatan. Pemkab Kulonprogo sudah membuat jalur Bedah Menoreh yang akan menghubungkan bandara dengan Candi Borobudur di Magelang.

Jalur ini akan melewati sejumlah objek wisata yang ada di Kulonprogo. “Akses ke Borobudur akan lebih cepat dan kita banyak miliki obyek wisata yang menarik,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya ditemui usai acara Regional Investment Forum (RIF) 2018 di Hotel Alana Yogyakarta pada Rabu (14/3) mengatakan, target wisatawan mancanegara yang datang ke Yogyakarta sebanyak 2 juta orang.

Angka itu menurutnya akan tercapai ketika bandara NYIA selesai dibangun nantinya. “Tapi harus memiliki airport. Nanti dibuat jalan dari airport ke destinasi dan ada jalan tembus menuju Borobudur,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki