Banyak Dikomplain Warga, Kabareskrim Janji Benahi Integritas Penyidik

Kuntadi ยท Kamis, 18 Oktober 2018 - 23:05:00 WIB
Banyak Dikomplain Warga, Kabareskrim Janji Benahi Integritas Penyidik
Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistyanto. (Foto: Okezone)

SLEMAN, iNews.id – Tiga kesatuan di tubuh Polri, yakni Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim), Satuan Lalu Lintas (Satlantas), dan Sumber Daya Manusia (SDM) di tubuh Polri menjadi yang paling banyak dikomplain masyarakat. Sorotan utama kepada tiga satuan itu soal kinerja yang dianggap masih kurang.

Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan, jajarannya bertekad menjadikan penyidik lebih profesional dengan penguatan integritas dan moralitas. “Kebetulan saya menjadi narasumber acara di Yogyakarta. Sekalian saya sempatkan ke sini (Polda DIY) untuk memberikan semangat kepada mereka (penyidik Polda DIY),” kata Arief, di Mapolda DIY, Kamis (18/10/2018). 

Sesuai arahan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, kata dia, tiga kesatuan yang kerap dikomplain masyarakat harus berbenah diri. Hal itu sudah dilakukan di tubuh SDM saat dia masih bertugas di kesatuan tersebut. Namun dengan jabatan baru sebagai Kabareskrim, dirinya harus ikut mengubah kinerja para penyidik yang kerap dikomplain. “Saya ditugaskan Kapolri sebagai Kabaresrkrim untuk melakukan pembenahan, peningkatan kinerja reskrim dan menghilangkan komplain,” ujar Arief.

Menurut dia, satu poin penting yang harus dilakukan adalah bagaimana membangun integritas penyidik. Di sinilah diperlukan moralitas dari para penyidik. Sedangkan profesionalitas bisa dilatih dengan latihan pengetahuan dan keterampilan. “Integritas harus ada keteladanan, dorongan dari masing-masing pimpinan kesatuan,” ucapnya.

Kabareskrim yakin dengan adanya penyidik yang berintegritas hingga 60 persen maka permasalahan yang dihadapi akan selesi. Tinggal bagaimana profesionalitas dan keterampilan mereka dalam menangani suatu perkara.

Kabareskim juga membuka jalur pengaduan secara online untuk pengawasan. Masyarakat bisa melaporkan langsung melalui media sosial, baik lewat Facebook, Instagram maupun lewat e-mail. Setiap pengaduan yang masuk akan ditindaklanjuti kepada pemangku di setiap wilayah. “Saya rasa ini akan efektif dan masyarakat bisa membantu melakukan pengawasan,” katanya.

Kritik dan saran dari masyarakat sangat dinantikan untuk membangun institusi Polri yang lebih baik. Dengan kinerja yang baik, masyarakat juga akan merasakan dampak atas layanan yang diberikan polisi.

Editor : Kastolani Marzuki