Berdalih Ibunya Opname di Rumah Sakit, Pemuda Ini Gadaikan Motor Teman

Kuntadi ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 13:15 WIB
 Berdalih Ibunya Opname di Rumah Sakit, Pemuda Ini Gadaikan Motor Teman
ilustrasi penipuan

SLEMAN, iNews.id – Berdalih ibunya dirawat di rumah sakit, seorang warga Banguntapan, Bantul, RI (25) melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor milik temannya sendiri. Sepeda motor yang dipinjam digadaikan seharga Rp2 juta.

Kapolsek Depok Barat Kompol Rachmadiwanto mengatakan aksi penipuan ini dilakukan pelaku pada Rabu (10/6/2020) lalu. Saat itu pelaku mendatangi Nicolaus Setawan yang indekos di wilayah Mrican, Condongcatur, Sleman. Berdalih akan menengok ibunya yang dirawat di rumah sakit, pelaku meminjam sepeda motor Honda Vario dengan nomor polisi AB 6821 YY.

Tanpa curiga, korban meminjamkan sepeda motornya karena memang sudah berteman lama. Selang empat hari, pelaku mendatangi korban dan mengatakan sepeda motornya masih di rumah sakit belum sempat dia ambil.

Pelaku terus menghindari pelaku dan tidak mau bertemu. Ketika korban menanyakan keberadaan sepeda motornya, pelaku selalu menjawab dengan alasan berbelit-belit. Setelah didesak korban, pelaku mengakui sudah menggadaikan motornya seharga Rp2 juta karena alasan ekonomi.

“Tidak terima dengan perbuatan pelaku, korban melaporkan kasus ini ke polisi,” kata Kapolsek di Mapolsek Depok Barat, Rabu (24/6/2020).

Berbekal laporan ini, polisi melakukan penyelidikan di lapangan. Pelaku akhirnya ditangkap di wilayah Depok, Sleman pada Sabtu (20/6/2020). Petugas juga mengamankan barang bukti sepeda motor milik korban.

Pelaku akan dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Ancaman hukumannya mencapai empat tahun kurungan penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi