get app
inews
Aa Text
Read Next : 3 Jalur Pendakian Resmi Gunung Merapi yang Wajib Diketahui Para Pendaki

BPJS Kesehatan Buka Kelas Konsultasi Gunakan Aplikasi Mobile

Rabu, 21 Juni 2023 - 16:59:00 WIB
 BPJS Kesehatan Buka Kelas Konsultasi Gunakan Aplikasi Mobile
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta membuka Kelas Konsultasi Mobile JKN. (Foto Ilustrasi: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- BPJS kesehatan terus meningkatkan layanan ke masyarakat, salah satunya dengan penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Untuk membantu mengatasi persoalan pengunaan aplikasi tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta membuka Kelas Konsultasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Prabowo menuturkan Kantor Cabang Yogyakarta membawahi 3 kantor yaitu Gunungkidul, Bantul dan Kota Yogyakarta. Dari tiga kabupaten/kota tersebut kepatuhan peserta membayar premi cukup tinggi.

"Kami mencatat kepatuhan membayar premi di tiga kabupaten/kota ini sudah 95,9 persen," ujar dia, dalam Kegiatan Temu Media BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Tahun 2023, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya, hal ini wajar karen BPJS Kesehatan terus meningkatkan layanan kepada masyarakat. Berbagai inovasi dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat ataupun peserta JKN, baik dari segi administrasi kepesertaan maupun layanan kesehatan

Salah satu yang menjadi andalan adalah pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN. Layanan JKN dalam genggaman ini sudah terbukti memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dan peserta JKN. Beragam fitur yang disajikan dapat dimanfaatkan secara maksimal agar masyarakat ataupun peserta JKN tidak mengalami kendala.

"Kalaupun ternyata peserta JKN menemui kendala dalam pemanfaatan aplikasi ini, BPJS Kesehatan juga telah memberikan solusi kemudahannya," kata dia.

Dia menyebut Kelas Konsultasi Mobile JKN, hadir menyapa masyarakat dan seluruh peserta JKN yang menemui kendala dalam pemanfaatannya. Program inovasi yang ditawarkan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta ini cukup membantu mengatasi persoalan seputar Aplikasi Mobile JKN.

Pihaknya menyadari, pasti peserta JKN pernah menemui kendala ketika mengakses layanan melalui Aplikasi Mobile JKN. Dan tidak sedikit yang belum tahu dan bingung dengan solusinya. "Sehingga kami berinisiatif membuat kelas konsultasi untuk membantu masyarakat ataupun peserta JKN yang terkendala dalam pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN," ujarnya.Menurutnya untuk dapat mengikuti kelas tersebut sangat mudah. Masyarakat ataupun peserta JKN dapat bergabung melalui aplikasi zoom meeting dengan kode meeting 981 2026 5024 dan password MJKN, setiap hari Selasa (kecuali hari libur) pukul 08.30 – 09.30 WIB. 

"Petugas BPJS Kesehatan akan menyapa secara langsung untuk membantu mengatasi kendala dalam pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN. Kami juga ingin seluruh masyarakat baik umum maupun peserta JKN dapat merasakan kemudahan layanan JKN hanya dalam satu genggaman,” ujarnya.

Prabowo menyampaikan, hingga kini Aplikasi Mobile JKN masih menjadi salah satu andalan untuk memenuhi kebutuhan peserta tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Melalui aplikasi, peserta dapat melakukan perubahan data, pengecekan data kepesertaan secara mandiri hingga mengunduh Kartu JKN dalam bentuk digital.

Aplikasi juga telah terkoneksi dengan sistem antrean di fasilitas kesehatan, baik di tingkat primer maupun lanjutan sehingga peserta bisa mengambil nomor antrean di fasilitas kesehatan cukup dari rumah melalui menu Pendaftaran Pelayanan (Antrean).

“Segala informasi terkini seputar JKN juga dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN, termasuk program baru yang dihadirkan, seperti Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) untuk peserta JKN yang mempunyai tunggakan iuran,” katanya.

Selain Aplikasi Mobile JKN, lanjut Prabowo, pihaknya juga menghadirkan alternatif layanan lain yang dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN. Secara non tatap muka, peserta juga dapat mengakses Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) yang dapat diakses peserta di nomor 08118 165 165. Cukup mengetik “Pandawa” pada kolom chat, peserta akan mendapatkan jawaban dan beberapa pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan peserta.

Untuk layanan tatap muka, selain di kantor cabang, BPJS Kesehatan memberikan alternatif lain kepada 
peserta. Ada BPJS Kesehatan Keliling yang akan datang rutin ke lokasi-lokasi strategis dan membuka layanan sesuai jadwal yang ditetapkan. Layanan JKN juga hadir di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. 

Editor: Ainun Najib

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut