Bulog DIY Jamin Ketersediaan Gula Pasir dan Beras

Heru Trijoko · Rabu, 20 Mei 2020 - 15:28 WIB
Bulog DIY Jamin Ketersediaan Gula Pasir dan Beras
Ilustrasi (Foto: Antara)

SLEMAN, iNews.id - Bulog DIY menjamin ketersediaan gula pasir di wilayah DIY cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Lebaran. Operasi pasar akan terus dilakukan untuk menstabilkan harga di pasaran, yang saat ini diatas harga eceran tertinggi (HET).

“Stok gula masih, sampai habis lebaran cukup. Setelah lebaran mudah mudahan akan dapat dropping lagi dari pusat,” kata Kepala Kanwil Perum Bulog DIY, Juhaeni, kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Pasokan gula pasir dari pusat untuk memenuhi kebutuhan di DIY mencapai 720 ton. Belum semuanya dikirim dan masih ada sekitar 60 ton yang belum datang. Sepekan ini, Bulog juga telah menggelar operasi pasar. Caranya dengan dropping langsung ke masyarakat di kecamatan.

“Karena Covid-19, kita hindari kerumunan kita drop di kecamatan atau kelurahan,” ujarnya.

Diakuinya, harga gula saat ini di atas Rp16.000 per kilogram. Bahkan di luar Jawa mencapai Rp20.000. Harga ini jauh di atas HET yang ditetapkan pemerintah Rp12.500 per kilogram.

“Jogja kebagian 720 ton dan akan kita gelontorkan ke pasar agar harga stabil sesuai HET,” ujarnya.

Menurutnya, melonjaknya harga gula ini karena panen tebu sangat minim. Namun pemerintah terus menggelar operasi pasar dan sudah mampu menekan harga. Sebelum ada operasi pasar, harganya sudah mencapai Rp18.000.
“Kita sudah distribusikan 375 ton ke masyarakat, dan harga sudah mulai turun. Mudah-mudahan setelah Lebaran kembali normal.

Sementara untuk beras, Bulog yakin tidak akan kurang. Saat ini stok beras ada 20.000 ton yang bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di DIY.


Editor : Kuntadi Kuntadi