Bupati Bantul Minta Izin ke Sri Sultan untuk Buka Objek Wisata

Antara ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 15:15:00 WIB
Bupati Bantul Minta Izin ke Sri Sultan untuk Buka Objek Wisata
Objek wisata Pantai Parangtritis di Bantul (Foto: Antara/Hery Sidik)

BANTUL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah mengajukan izin kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membuka objek wisata kembali. Namun, upaya pembukaan ini harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

"Pak Gubernur mengizinkan tetapi harus taat protokol kesehatan. Saya punya pariwisata, izin apakah boleh dibuka? boleh itu wewenang kepala daerah masing-masing," kata Bupati Bantul Suharsono, Rabu (3/6/2020).

Terkait teknisnya, dia telah meminta Dinas Pariwisata mengatur lebih lanjut. Penutupan objek wisata yang sudah dilakukan selama dua bulan lebih berdampak pada pemasukan masyarakat.

"Objek wisata di Bantul mulai kapan dibuka? saya serahkan Dinas Pariwisata, atur saja yang penting sosialisasi supaya mengikuti protokol kesehatan," ujarnya.

Dia juga telah menyosialisasikan kepada pengelola serta para pedagang bahwa destinasi wisata di Bantul termasuk Pantai Parangtritis segera dibuka. Hal itu selaras dengan rencana new normal atau normal baru di tengah pandemi Covid-19 yang segera diberlakukan di wilayah DIY.

"Para pedagang kalau sudah memenuhi syarat silakan, yang penting patuh aturan, jangan ada penyimpangan pelanggaran. Jadi saya memberi peluang tetapi ya harus bantu saya untuk tertib aturan," katanya.

Suharsono berharap, setelah objek wisata di Bantul beroperasi, baik pengelola, pedagang maupun pengunjung tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Diharapkan, pelonggaran objek wisata tidak menjadi transmisi baru virus corona.

Editor : Nani Suherni