Bupati Petahana Nomor Urut 2 di Pilkada Bantul, Wabup Dapat Angka 1

Kuntadi ยท Kamis, 24 September 2020 - 15:35:00 WIB
Bupati Petahana Nomor Urut 2 di Pilkada Bantul, Wabup Dapat Angka 1
KPU Bantul melakukan pengundian nomor urut paslon pada Pilkada Bantul 2020. (foto : istimewa)

BANTUL, iNews.idBupati Bantul Suharsono akan bertarung melawan Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam Pilkada Bantul 2020. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan kursi bupati Bantul, setelah koalisi mereka pecah.

Dalam pengundian nomor urut yang dilaksanakan ‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Abdul Halim Muslih yang berpasangan dengan Joko Purnomo (AHM-JP) mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan Suharsono yang berpasangan dengan Totok Sudarto mendapatkan nomor urut 2.

“Berdasarkan rapat pleno terbuka, pasangan Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Suharsono-Totok Sudarto mendapatkan nomor urut 2,” kata Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho, Kamis (24/9/2020).

Pengundian ini dilakukan secara terbatas dan hanya dihadiri oleh pasangan calon dan tim pendamping. KPU tidak memperkenankan ada massa pendukung sesuai surat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Petugas kepolisian juga melakukan sterilisasi di jalan menuju ke KPU Bantul.

Didik mengatakan, setelah penetapan nomor urut paslon ini akan segera memasuki masa kampanye. KPU juga akan memasang alat peraga di sejumlah titik strategis. Sedangkan pasangan calon sepakat untuk tidak melaksanakan kampanye terbuka dengan pengerahan massa.

“Mereka sudah sepakat tidak ada kampanye terbuka hanya pertemuan maksimal 50 orang,” katanya.

Pasangan Nomor urut 1, Abdul Halim-Joko Purnomo mengaku bersyukur mendapatkan nomor satu. Mereka memaknai akan selalu bersatu untuk membangun Bantul yang lebih luas.

“Alhamdulilah hari ini oleh Tuhan kita ditakdirkan memperoleh nomor satu dan insya Allah menjadi nomor satu,” kata Abdul Halim.

Ungkapan senang juga disampaikan pasangan calon nomor urut 2 Suharsono dan Totok Sudarto. Bahkan Suharsono mengaku sempat melaksanakan Salat Tahajut dan berdoa berharap nomor urut 2. Ternyata doa ini dikabulkan dan nomor urut ini sesuai harapannya.

“Bagi saya nomor urut 2 semoga saya bisa melanjutkan periode kedua di Bantul. Saya ingin mempertahankan sebagai zona hijau bebas korupsi,” katanya.

Sebagai Bupati Bantul yang masih menjabat, Suharsono mengajak masyarakat Kabupaten Bantul selama masa pilkada untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Semua masyarakat Bantul adalah saudara yang tidak boleh terpecah hanya karena pilkada.

Editor : Kuntadi Kuntadi