Cabuli Anak Gadisnya, Ayah di Gunungkidul Disidang Warga

Suharjono ยท Sabtu, 16 Februari 2019 - 07:52 WIB
Cabuli Anak Gadisnya, Ayah di Gunungkidul Disidang Warga
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id  - Kasus pencabulan terhadap anak kandung mengemparkan warga Gunungkidul, DIY. Seorang ayah nekat memerkosa anaknya saat ditinggal istri membantu hajatan tetangga.

Peristiwa kelam ini dialami BUN (9), warga Kecamatan Playen. Saat itu korban sedang berada di dalam rumah bersama pelaku berinisial SUB, Rabu (13/2/2019). Tanpa diduga, sang ayah langsung memaksa untu berbuat cabul. Korban tak berdaya lantaran berada di bawah ancaman jika menolak akan dibunuh.

Kapolsek Playen AKP Yusuf Tianotak mengatakan, peristiwa dugaan pemerkosaan sedang dalam penyelidikan anggotanya. Warga dan keluarga korban telah datang membuat laporan polisi.

"Pelaku sudah mengakui perbuatannya. Namun kemudian melarikan diri dari rumah saat tahu dilaporkan ke polisi," ujar Yusuf, Jumat (15/2/2019).

BACA JUGA: Cabuli Anggotanya, Ketua Kuda Lumping di Kapuas Diamankan Polisi

Dia menjelaskan, terbongkarnya kasus dugaan pemerkosaan bermula saat korban menceritakan kejadian pilu itu kepada kerabatnya. Informasi tersebut selanjutnya diteruskan ke ibu korban. Tak terima, ibu korban pun terlibat cekcok dengan pelaku.

Warga setempat yang mengetahui adanya kasus pemerkosaan anak kandung oleh ayahnya sendiri lantas menyidang pelaku SUB. Setelah disidang warga bersama tokoh masyarakat, pelaku SUB mengakui kekhilafannya.

Mereka selanjutnya menempuh jalur hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatan pelaku. Namun saat akan dibawa ke kantor polisi, pelaku melarikan diri. “Kami masih terus memburu pelaku," katanya.

Yusuf menuturkan, selain menyebar petugas untuk mencari pelaku, polisi juga menggandeng instansi lain, terutama untuk melakukan pendampingan kepada korban. Hal ini lantaran korban mengalami trauma atas pemerkosaan tersebut.

"Korban saat ini diajak ke rumah kakaknya untuk menenangkan diri," tuturnya.


Editor : Donald Karouw