Calon Siswa Dompleng KK Ditemukan saat Daftar SMPN di Yogya

Priyo Setyawan ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 20:15:00 WIB
 Calon Siswa Dompleng KK Ditemukan saat Daftar SMPN di Yogya
Anggota Forpi Yogyakarta saat melakukan pemantauan PPDB di SMPN 8 Yogyakarta, Rabu (16/6/2021). (Foto : Ist)

YOGYAKARTA,iNews.id -Beberapa calon siswa diduga mendompleng di  kartu keluarga (KK) untuk pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) SMPN Yogyakarta 2021/2022 melalui jalur zonasi wilayah. Dugaan ini ditemukaan saat Forum Pemantau Independen (Forpi) Yogyakarta  melakukan pemantauan di beberapa SMPN, Rabu (16/6/2021). 

Angggota Forpi Yogyakarta Baharuddin Kamba mengatakan, dalam pemantau tersebut selain menemukan modus mendompleng di KK juga  menemukan status famili lain calon siswa, di beberapa SMPN, seperti di SMPN  8, SMPN 6 dan SMPN 16. 

Di SMPN 8 berkas calon siswa di KK tertulis famili lain yang jarak antara sekolah dengan tempat tinggal (titik koordinatnya RW) hanya 0,013 atau hanya berjarak 13 meter. Dan dalam satu KK ada lima orang tertulis famili lain serta masa dikeluarkan atau ditebitkannya KK dengan status famili lain belum satu tahun.   

“Kami juga menemukan status famili lain dalam KK di SMPN 6 dan SMP N 16,” kata Kamba dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/6/2021).

Atas temuan ini, Forpi memberikan beberapa catatan sekaligus evaluasi untuk  perbaikan pelaksanaan PPDB jalur zonasi wilayah SMPN Yogyakarta.  Pertama, mengaperisasi kerja Tim Panitia PPDB baik ditingkat Disdikpora Kota Yogyakarta maupun di seluruh sekolah. 

Salah satu yang patut diapreasi adalah pelaksanaan ASPD dari luar DIY. Yang pelaksanaannya diserahkan oleh Disdikpora Kota Yogyakarta. “Tentu ini tambahan tugas yang ekstra selain PPDB,” ujarnya.

Kedua, untuk tahun ajaran yang akan datang kuota jalur zonasi wilayah dapat dikurangi persentasinya. Sementara persentasi jalur mutu ditambah. Hal ini selain meminiliasir modus numpang KK juga sebagai penyemangat bagi siswa agar lebih rajin dan tekun dalam belajar.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: