Candi Borobudur Langsung Dibersihkan usai Terkena Abu Vulkanik

Puji Hartono ยท Senin, 22 Juni 2020 - 13:15 WIB
Candi Borobudur Langsung Dibersihkan usai Terkena Abu Vulkanik
Petugas membersihkan abu vulkanik dari bangunan Candi Borobudur (Foto: iNews/Puji Hartono)

MAGELANG, iNews.id - Pascaerupsi merapi, abu vulkanik masih menutupi sejumlah bangunan Candi Borobudur, Senin (22/6/2020). Petugas dari balai konservasi Borobudur pun melakukan pemersihkan abu yang menempel di candi .

Dengan mengunakan berbagai alat seperti kuwas, vakum hingga menyemprotkan air, petugas dari Balai Konservasi Borobudur (BKB). Pembersihan harus segara dilakukan agar tidak merusak candi.

Kepala seksi BKB Yudi Suhartono menjelaskan kandungan asam dalam abu vulkanik yang menempel di candi sangat berbahaya. Kondisi itu dapat menyebabkan kerusakan pada struktur batu candi.

"Kemarin kami sudah bersihkan, sekarang kami lanjutkan. Karena semalam itu hujan abunya malah jadi lengkep," ucap Yudi, Senin (22/6/2020).

Dia pun memastikan, derajat keasaman (ph) dari abu itu diteliti berada diangka 4-5, sementara normalnya untuk batu candi yakni 7. Rencananya satu minggu pembersihan bisa rampung dalam waktu satu minggu.

"Nah asam itu akan berbahaya untuk batu jika terus menerus didiamkan,"

Diberitakan sebelumnya Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami erupsi pada Minggu (21/6/2020) pagi. Hal ini menyebabkan sejumlah wilayah di Magelang diguyur hujan abu vulkanik.


Editor : Nani Suherni