Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Petugas dan Warga Binaan Lapas Cebongan Dites Urine

Priyo Setyawan ยท Rabu, 25 Agustus 2021 - 15:08:00 WIB
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Petugas dan Warga Binaan Lapas Cebongan Dites Urine
Petugas dan WBP Lapas Cebongan, Sleman ikuti tes urine di Lapas Cebongan, Sleman, Rabu (25/8/2021). (Foto : Dok Lapas Cebongan Sleman)

SLEMAN, iNews.id- Pegawai kamtib, petugas regu pengamanan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Cebongan, Sleman dites urine Rabu (25/8/2021). Tes ini dilakukan oleh Satgas Kamtib Kanwil Kemenkum HAM DIY.

Tes urine yang dilakukan di ruang KPLP Lapas Sleman itu sebagai deteksi dini pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi pegawai dan WBP di lingkungan Lapas Sleman. Tercatat ada 23 yang diperiksa urine terdiri atas 17 pegawai Lapas dan enam WBP.

Kalapas Sleman Kusnam mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya memerangi dan pencegahan narkoba di lingkungan Lapas. Sebab sebagai aparatur sipil negara (ASN) Kemenkum HAM sudah seharus menjadi tunas  pengayoman yang memiliki  integritas tinggi dan juga ikut berperan aktif dalam memerangi narkoba.

“Pemeriksaan tes urine ini diharapkan dapat menjadi deteksi dini keamanan dan ketertiban di Lapas Sleman,” katanya.

Pemeriksaan ini juga sebgai aksi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran  gelap narkoba (P4GN) pada lingkungan pegawai yang  berada di Lapas Sleman.  “Hasil pemeriksaan pegawai dan WBP tidak ada yang menggunakan  narkoba atau nihil dari narkoba,” ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Bagikan Artikel: