Cek Kondisi 2.081 Petugas PPDP sebelum Coklit, KPU Bantul Gelar Rapid Test Massal

Kuntadi ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 14:53:00 WIB
 Cek Kondisi 2.081 Petugas PPDP sebelum Coklit, KPU Bantul Gelar Rapid Test Massal
ilustrasi KPU

BANTUL, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul akan menggelar rapid test massal kepada petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Mereka wajib menjalani rapid test untuk mencegah penularan Covid-19.

“Ada 2.081 petugas PPDB yang wajib mengikuti rapid test,” kata Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istikhomah, Kamis (9/7/2020).

Kewajiban petugas PPDP melaksanakan rapid test berdasar Surat KPU RI Nomor 540/PP.04.2-SD/01/KPU/VII/2020. Sebelum melaksanakan tugasnya mereka wajib menjalani rapid test terlebih dulu. Jika dari hasil ini ada yang reaktif, maka akan dilakukan penggantian sesuai dengan surat keputusan KPU.

“Rapid test ini untuk melindungi penyelenggara maupun pemilih khususnya saat kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit),” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan, sesuai tahapan yang ada petugas PPDP akan melakukan coklit dengan mendatangi setiap rumah penduduk. Secara door to door, akan dilakukan pengecekan dan pendataan data pemilih.

Lantaran dalam masa pandemi, setiap petugas nantinya akan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Mereka akan menggunakan masker, faceshield dan menghindari kontak fisik secara langsung. Saat menemui warga, petugas tidak masuk ke dalam rumah, namun cukup di luar saja.

“Waktu pertemuan juga dibatasi dan hanya di teras rumah saja,’ katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi