Cerita Pasutri asal Yogyakarta 2 Kali Dilantik Jadi Anggota DPRD

Kuntadi ยท Kamis, 05 September 2019 - 02:07 WIB
Cerita Pasutri asal Yogyakarta 2 Kali Dilantik Jadi Anggota DPRD
Anton Prabu Semendawai dan Dara Ayu Suharto, pasangan suami istri ini dua kali terpilih menjadi anggota DPRD. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pasangan suami istri (pasutri) Anton Prabu Semendawai dan Dara Ayu Suharto untuk kali kedua terpilih sebagai wakil rakyat. Bedanya sang suami menjadi anggota DPRD DIY, sedangkan istrinya di DPRD Kabupaten Sleman.

Pasangan ini pun semakin mantap menapaki karier politik bersama Partai Gerindra.

Pasangan suami istri ini mampu menjawab keraguan anak muda untuk terjun ke dunia politik. Usia mereka masih terbilang muda, Anton merupakan pria kelahiran 28 April 1977. Sedangkan istrinya lahir pada 11 Agustus 1991. Pada periode 2014-2019, Dara menjadi anggota DPRD Sleman termuda.

Pada Pemilu 2019 lalu, Anton yang merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Yogyakarta memilih kembali maju melalui dapil Sleman selatan, meliputi Kecamatan  Gamping, Godean, Moyudan, Minggir, Seyegan, Mlati, Depok, dan Berbah.

Sedangkan istrinya maju DPRD Sleman dapil Mlati dan Gamping. Alhasil pada pemilu lalu keduanya mendapatkan suara terbanyak dari partai besutan Prabowo Subianto ini. “Ini kali kedua kami terpilih menjadi anggota Dewan,” katanya, Rabu (4/9/2019).

BACA JUGA: Gubernur DIY: Jangan Kotori Kedudukan Terhormat Wakil Rakyat dengan Korupsi

Keberhadilan Anton mempertahankan posisi di DPRD DIY, membuatnya berpeluang besar menduduki kursi Wakil Ketua DPRD DIY. Partai Gerindra menjadi partai terbesar keempat dengan tujuh kursi sama dengan PKS dan PAN dan hanya beda total perolehan suara.

“Rekomendasi sudah ada, dan saya ditunjuk menjadi Wakil Ketua DPRD,” kata alumnus Fakultas Hukum UGM Yogyakarta ini.

Untuk menjadi wakil ketua DPRD, Anton terbilang paling senior. Dia sudah beberapa kali mengikuti pendidikan politik di Hambalang.

Di tempat ini menjadi Kawah Cabdradimuka, kader Gerindra ditempa pendidikan kepemimpinan, politik dan berbagai materi lain. Termasuk posisinya saat ini menjadi ketua DPC Gerindra Kota Yogyakarta.

“Saya sudah empat kali digembleng di Hambalang. Saya termasuk yang ikut membidani Gerindra di DIY,” katanya.

Anton mengawali kariernya sebagai anggota DPRD Kota Yogyakarta. Pada periode kedua, dia maju ke DPRD DIY dan terpilih.

Meski tandem dengan istrinya, namun Anton mengaku mengeluarkan anggaran yang cukup besar. Bertarung di dapil Sleman selatan cukup berat dengan luasan lebih dari luasan Kota Yogyakarta.

Pada periode kedua di DPRD DIY ini, Anton bertekad untuk mengentasan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur menjadi perhatiannya. Salah satunya denga kehadiran Bandara YIA dengan akses yang masih sangat terbatas.

“Yogyakarta butuh tol, tetapi tidak boleh membuat warga menjadi korban. Kita dukung wacana Sultan membuat jalan tol diatas Selokan Mataram," katanya.

 


Editor : Kastolani Marzuki