Cerita Pengusaha Hotel di Yogyakarta Usir Tamu karena Buka Masker di Luar Kamar

Kuntadi · Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:22 WIB
Cerita Pengusaha Hotel di Yogyakarta Usir Tamu karena Buka Masker di Luar Kamar
Sejumlah andong wisata mangkal di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (16/06/2020). -(Foto: Harian Jogja/Desi Suryanto)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bener-benar serius dalam menegakkan protokol kesehatan. Hal tersebut juga harus diikuti sejumlah pihak yang ingin membuka usahanya kembali.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia DIY, Deddy Pranowo Eryono menceritakan, bagaimana pengelola harus bersikap tegas terhadap sejumlah tamu. Mereka tak segan untuk mengusir tamu yang tidak menaati protokol kesehatan.

"Ada yang sudah chek in ke hotel, sudah masuk kamar, tapi keluar hotel tidak pakai masker, tidak menjaga jarak. Kami tegur tapi tetap ngeyel, kami persilakan untuk chek out dengan mengembalikan uang yang sudah diberikan ke pihak hotel," ujar Deddy dalam acara Webinar Leader Talk iNews: Strategi Bangkitkan Wisata Yogyakarta di Tengah Pandemi Covid-19⁣, Kamis (6/8/2020).

Deddy menegaskan, aturan ketat tidak hanya diberikan kepada pengunjung. Pengelola hotel yang kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan juga diminta melengkapi.

Salah satu contoh yang dia temui yakni, hotel yang sudah menyediakan wastafel tetapi airnya tidak mengalir. Kemudian, ada thermogun tetapi tidak ada petugas yang mengecek.

"Ada satu dua hotel yang menyatakan siap dengan protokol kesehatan, tapi pas kita cek monitoring ternyata ada memang wastafel tapi enggak berfungsi, ada thermogun, tapi enggak ada yang mengcek," katanya.


Editor : Nani Suherni