Covid-19 Terkendali, Disdikpora Kulonprogo Persilakan Sekolah Maksimalkan Jam Pelajaran

Kuntadi ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 16:41:00 WIB
Covid-19 Terkendali, Disdikpora Kulonprogo Persilakan Sekolah Maksimalkan Jam Pelajaran
Suasana pembelajaraan di ruang kelas (Foto Ilustrasi : Antara/HO-Forpi Kota Yogyakarta)

KULONPROGO, iNews.id - Seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Kulonprogo telah melaksanakan pembelajaran secara penuh, seiring kasus Covid-19 yang semakin terkendali. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) memberikan kebebasan bagi sekolah yang akan menyelenggaran pembelajaran di atas 6 jam pelajaran

“Silakan kalau ada yang mau menambah jam pelajaran dari minimal enam jam,” kata Kepala Disdikpora Kulonprogo, Arif Prastowo, Kamis (26/5/2022). 

Penambahan jam pelajaran memungkinkan dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dalam penyampaian materi. Pandemi Covid-19 menjadi proses pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga kurang maksimal. Apalagi di beberapa wilayah juga terkendala dengan sinyal internet. 

“Tidak ada masalah waktu, kalau ada yang mau delapan jam silakan. Tergantung kesiapan masing-masing,” katanya. 
 
Arif mengatakan penguasaan materi dari jenjang SD sampai SMP terjadi penurunan hingga 25-30 persen. Hasil ini dperoleh dari evaluasi pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi. Atas kondisi ini guru bisa lebih selektif dalam memberikan materi dan pemahaman bahan pembelajaran kepada siswa. 

Kepala SDN 1 Karangsari, Ristinah mengaku saat ini belum ada rencana penambahan jam mata pelajaran. Mereka masih melaksanakan pembelajaran selama 6 jam pelajaran.    

“Kami masih enam jam, kami sedang fokus menyiapkan anak-anak kelas VI,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: