Dalam 24 Jam Ada 24 Pasien Positif Covid-19 di Bantul yang Sembuh

Antara · Rabu, 02 Desember 2020 - 06:37:00 WIB
Dalam 24 Jam Ada 24 Pasien Positif Covid-19 di Bantul yang Sembuh
Seorang pelajar melakukan rapid test mandiri di RS Permata Husada, Pleret, Bantul. (Foto : inews.id/Ainun Najib)

BANTUL, iNews.id - Pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19 di Kabupaten Bantul, terus bertambah. Dalam 24 jam pasien sembuh bertambah 24 orang, sehingga total menjadi 1.352 orang.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul dalam keterangan resminya di Bantul, Selasa malam menyebutkan 24 pasien yang sembuh itu berasal dari Kecamatan Pandak 16 orang, kemudian Kecamatan Banguntapan dua orang, Kecamatan Piyungan lima orang, dan Kecamatan Jetis satu orang.

Pada saat yang sama, Gugus Tugas Covid-19 Bantul juga menginformasikan adanya tambahan pasien konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 20 orang, sebagian besar berasal dari Kecamatan Kasihan lima orang, Kecamatan Imogiri empat orang, dan Kecamatan Sewon tiga orang.

Selanjutnya dari Kecamatan Kecamatan Banguntapan dua orang, Kecamatan Pajangan satu orang, Kecamatan Pandak satu orang, Kecamatan Bambanglipuro satu orang, dan Kecamatan Pundong dua orang, serta Kecamatan Sanden satu orang.

Dengan demikian total kasus positif Covid-19 di Bantul secara akumulasi sejak awal pandemi hingga Selasa (1/12/2020) sebanyak 1.694 orang.

Sementara itu, untuk pasien Covid-19 meninggal tidak ada tambahan, sehingga masih tetap 44 orang. Dengan begitu, pasien positif domisili Bantul yang masih menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit saat ini berjumlah 298 orang.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Helmi Jamharis mengharapkan, protokol kesehatan ketat dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 diterapkan atas kesadaran masyarakat dan bukan karena semata memenuhi anjuran pemerintah.

"Yang jelas laksanakanlah protokol kesehatan secara ketat atas dasar kesadaran sendiri agar penyebaran Covid-19 ini bisa terputus atau paling tidak bisa terkurangi," kata Helmi yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul.

Pemkab juga mengajak masyarakat memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga jarak fisik, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu menggunakan masker saat keluar rumah.

Editor : Ainun Najib