Dekan FH UGM Ungkap Ancaman yang Diterima Penyelenggara Diskusi

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 30 Mei 2020 - 00:58:00 WIB
Dekan FH UGM Ungkap Ancaman yang Diterima Penyelenggara Diskusi
Constitutional Law Society (CLS) FH UGM mengganti tema diskusi setelah sempat menjadi polemik. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Constitucional Law Society (CLS) membatalkan diskusi bertema "Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan." Alasan pembatalan karena mereka mendapat ancaman yang mengancam keselamatan.

"Demi alasan keamanan, mahasiswa penyelenggara kegiatan memutuskan untuk membatalkan kegiatan tersebut," ujar Dekan FH UGM, Sigit Riyanto dihubungi, Sabtu (30/5/2020).

Sigit mengungkapkan, ancaman yang diterima mahasiswa itu beragam bentuknya. Ada yang berupa teks pesan singkat, telepon, sampai mendatangi tempat tinggal mereka.

Selain mendapat teror, nomor telepon serta akun media sosial panitia penyelenggara dan akun CLS FH UGM juga diretas.

Peretas lalu mengambil alih akun dan menyatakan pembatalan kegiatan diskusi dengan cara mengeluarkan (kick out) semua peserta diskusi yang telah masuk ke dalam grup diskusi.

Peretasan juga membuat akun instagram "Constitutional Law Society" (CLS) sudah tidak dapat diakses saat ini.

Dalam pernyataan sikap tertulis yang disampaikan civitas akademika FH UGM sebelumnya, Sigit mengatakan tindakan intimidasi itu sebagai wujud nyata ancaman bagi kebebasan berpendapat di lingkungan akademik.

Menurutnya, segenap civitas akademika FH UGM juga mengecam segala berita bernada provokatif dan tidak berdasar yang ditujukan kepada penyelenggara diskusi tersebut.

"Ancaman teror tidak seharusnya terjadi. Terlebih di dalam situasi pandemik yang sudah cukup memberikan tekanan fisik dan mental kepada kita semua," ujar guru besar Hukum Internasional FH UGM ini.

Diskusi yang menghadirkan narasumber Guru Besar Hukum Tata Negara UII, Prof Ni’matul Huda dan moderator Mahasiswa FH UGM, M Anugerah Perdana ini rencananya akan digelar secara online via aplikasi Zoom, Jumat (29/5/2020) pukul 14.00 WIB-16.00 WIB.

Menghindari polemik yang berkepanjangan, CLS FH UGM pun menganti tema diskusi menjadi "Meluruskan Persolan Pemberhentian Presiden Ditinjau Dari Sistem Ketatanegaraan."

Namun, setelah panitia dan pembicara mendapat ancaman dari pihak yang belum diketahui, diskusi pun akhirnya dibatalkan.

Editor : Reza Yunanto