Desak Penuntasan Korupsi Stadion Mandala Krida, Aktivis JCW Bertopeng Super Hero

Priyo Setyawan ยท Kamis, 26 November 2020 - 15:42:00 WIB
Desak Penuntasan Korupsi Stadion Mandala Krida, Aktivis JCW Bertopeng Super Hero
Aktivis JCW mendukung KPK menuntaskan kasus korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida. (Foto: iNews.id/Priyo Setyawan)

YOGYAKARTA, iNews.id – Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) Baharuddin Kamba melakukan aksi tunggal mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut tuntas dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Aksi tersebut dilakukan di depan Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Kamis (26/11/2020).

Aksi ini juga sebagai bentuk keprihatin atas kasus korupsi yang menyeret Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam kasus ekspor benih lobster. Dalam aksinya Kamba membawa dua gepok uang mainan pecahan Rp100.000, Rp50.000 dan Rp20.000. Kamba juga membawa mainan berupa lobster plastik dan memkai topeng hero Spiderman dan Kapten Amerika.

“Aksi ini sebagai bentuk dukungan KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia, termasuk kasus dugaan korupsi pembangunan stadion Mandala Krida Yogyakarta,” kata Kamba.

Kamba berharap KPK serius dalam menyelesaikan perkara korupsi anggaran yang bersumber APBD DIY 2016/2017 dengan pagu anggaran Rp85 miliar. Kasus ini harus diusut tuntas dan tidak boleh tenggelam dengan munculnya perkara korupsi di Kementerian Kelautan dan perikanan.

“Jangan sampai proses hukum dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida tenggelam gegara penangkapan Menteri KKP Edhy Prabowo,” kata Bahar.

Bahar juga mendesak KPK untuk segera mengumumkan ke publik nama-nama tersangka yang terlibat dalam kasus stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Termasuk apakah ada aliran dana yang mengalir ke pihak lain dalam kasus ini.

Bahar sengaja, membawa uang mainan dan memakai topeng superhero. Uang mainan ini sebagai simbol keprihatinan ada pejabat setingkat menteri yang terlibat korupsi. Terlebih saat ini bangsa Indonesia sedang berjuang melawan Covid-19.

“Ini sebuah keprihatinan bersama dengan ditangkapnya Menteri KKP, Edhy Prabowo,” jelasnya.

Sementara memakai topeng super hero Spiderman dan Kapten Amerika, harapannya muncul penegak hukum yang berani memberantas korupsi di tanah air tanpa pandang bulu.

“Saya juga berharap penyidik senior KPK, Novel Baswedan dapat menjadi Ketua Tim Satgas di KPK untuk menangkap buronan KPK, eks caleg DPR RI PDI Perjuangan, Harun Masiku segera ditangkap,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi