Digelar di 250 Titik, Halaqah Fiqih Kebangsaan PBNU Libatkan 12.500 Kiai

erfan erlin · Kamis, 11 Agustus 2022 - 16:20:00 WIB
Digelar di 250 Titik, Halaqah Fiqih Kebangsaan PBNU Libatkan 12.500 Kiai
PBNU meluncurkan Halaqah Kebangsaan dalam rangkaian 1 Abad Nahdlatul Ulama. (foto: MPI/Erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id - PBNU meluncurkan Halaqah Fiqih Kebangsaan yang menjadi salah satu agenda peringatan 1 Abad NU, di Pondok Pesantren Krapyak, Bantul. Acara ini akan diselenggarakan di 250 titik di seluruh Indonesia. 

“Halaqah Fiqih Peradaban ini akan diselenggarakan di 250 tempat dengan melibatkan 12.500 Kiai dan Nyai pondok pesantren di seluruh Indonesia,” kata Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU, Ulil Abrar Abdau. 

Halaqah ini kembaoi digelar karena PBNU ingin menghidupkan kembali percakapan pemikiran intelektual para kiai dan nyai. Percakapan pemikiran intelektual para kiai dan nyai dan akademisi NU bisa memberikan respon yang cepat terhadap permasalahan dunia maupun di Indonesia.

"Harapannya nanti NU akan bisa semakin dinamis melihat permasalahan dunia," ujar dia.

Di samping itu, PBNU juga ingin membangun peradaban Indonesia dan peradaban dunia yang didasarkan pada perdamaian dan keadilan. Hal ini merupakan cita-cita yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 dan peradaban itu sendiri. 

“Percakapan dalam Halaqah ini akan dirangkum diambil intisarinya. Karena NU ingin Islam itu sebagai solusi bukan sumber masalah,” ujarnya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: