Dijadwalkan Bertemu Sultan, Ini yang akan Dibahas Menlu Polandia

Kuntadi · Rabu, 14 November 2018 - 14:02:00 WIB
Dijadwalkan Bertemu Sultan, Ini yang akan Dibahas Menlu Polandia
Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gatot Saptadi. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Menteri Luar Negeri Polandia, Jacek Czaputowicz akan melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta untuk bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ini menjadi rangkaian kunjungan kerjanya selama di Indonesia. Rencananya pertemuan ini akan dilaksanakan di Keraton Yogyakarta pada Minggu (25/11/2018) mendatang.

“Ini baru pertama kali ke Yogyakarta dan akan silaturahmi dengan Sultan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gatot Saptadi, usai menerima rombongan Dubes Polandia di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (14/11/2018).

Menurutnya, dalam kunjungan ini akan banyak hal yang dibahas. Salah satunya berkaitan dengan hubungan kedua negara. Apalagi di Polandia ada sebuah kota yang karakteristiknya mirip dengan Yogyakarta. “Dua kota yang mirip ini, bisa dikembangkan dalam kerja sama sister city. Kerjasama ini diharapkan bisa menjadi pintu masuk hubungan kerja sama berikutnya,” ucap Gatot.

Gatot berharap dalam kerja sama yang akan dibangun nanti, tidak hanya seputar permasalahan kebudayan saja. Namun juga permasalahan ekonomi, termasuk bagaimana memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia dan Yogyakarta pada khususnya. “Di mana di DIY keberadaan UKM menjadi salah satu usaha yang banyak menyerap lapangan kerja local,” katanya.  

Rencananya, rombongan Menlu Polandia ini akan tiba di yoyakarta pada sabtu (24/11/2018) mendatang. Esok harinya, rombongan akan melakukan pertemuan dengan Sultan di Keraton Yogyakarta, dan akan mengunjungi Candi Borobudur sebelum kembali ke Jakarta. “Jadi dalam pertemuan ini belum ada MoU, baru bertemu dulu,” ucap Gatot.

Editor : Himas Puspito Putra

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: