Dikejar Warga, Pengedar Uang Palsu Hilang Tenggelam di Sungai Progo

Kuntadi ยท Kamis, 26 Juli 2018 - 21:47 WIB
Dikejar Warga, Pengedar Uang Palsu Hilang Tenggelam di Sungai Progo
Tim SAR gabungan saat mencari pengedar uang palsu yang nekat terjun ke Sungai Progo, di Sleman, DIY. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

SLEMAN, iNews.id - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya hilang tenggelam di Sungai Progo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (26/7/2018).

Informasi yang diperoleh iNews.id, pria tersebut melarikan diri setelah aksinya mengedarkan uang palsu diketahui oleh warga Dukuh Karangkemasan Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan, Sleman. Pelaku yang kabur menggunakan sepeda motor ke arah barat kemudian dikejar warga.

Namun, pelaku diduga salah arah dan masuk ke jalan buntu di tepi Sungai Progo. Lantaran takut tertangkap, pelaku lantas menceburkan diri ke Sungai Progo. Sedangkan sepeda motornya ditinggal.

Nahas, pelaku yang diduga tidak bisa berenang langsung hilang ditelan arus sungai. Sebelum tenggelam, pelaku sempat berteriak meminta tolong kepada para penambang pasir. Namun karena lokasinya berada di salah satu palung yang dalam tidak ada penambang yang berani menolong.

Warga yang tidak menemukan pria ini akhirnya melaporkan kasus tersebut ke polisi dan Basarnas Yogyakarta. Tim SAR gabungan kemudian berupaya mencari keberadaan pelaku. Namun, hingga malam ini tim belum juga menemukan pelaku.

Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Ariyanto mengatakan, satu tim Rescue SAR yang berjumlah delapan personel sudah dikerahkan untuk mencari pelaku di Sungai Progo. Tim menyisir sungai menggunakan satu unit perahu dan dua set alat selam, serta peralatan water rescue lainnya. “Tapi, sampai petang tadi, kami belum berhasil menemukan korban. Kita lanjutkan pencarian besok pagi,” katanya.

Kapolsek Moyudan AKP Handiko mengatakan, dari keterangan saksi pria tersebut nekat menceburkan ke sungai setelah tepergok mengedarkan uang palsu. "Itu masih sebatas informasi awal kita akan lakukan penyelidikan," katanya.

Polisi juga belum bisa memastikan identitas pria yang tenggelam tersebut. "Ini masih mister X, besok pagi kita lanjutkan pencarian," tandas Handiko.


Editor : Kastolani Marzuki