Ditarget Produksi Akhir Tahun, GeNose C19 Masuk Tahap Uji Diagnostik

Kuntadi ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 23:45:00 WIB
 Ditarget Produksi Akhir Tahun, GeNose C19 Masuk Tahap Uji Diagnostik
GeNose Alat Deteksi Covid-19 UGM Diuji Diagnostik di RSUP Dr Sardjito (Foto: iNews/Gunanto Farhan)

SLEMAN, iNews.id – Alat deteksi Covid-19 dengan embusan napas yang dibuat Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan nama GeNose C19 memasuki tahap uji diagnostik. Jika tidak ada kendala, alat ini akan diproduksi massal pada akhir tahun nanti.

GeNose C19 merupakan inovasi alat kesehatan terbaru yang dikembangkan dosen UGM, Kuwat Triyana. Alat ini diharapkan bisa diproduksi dengan harga yang murah, untuk membantu penangangan Covid-19.

“Kami ingin harganya bisa lebih murah, agar niat sosialnya untuk membantu penanganan Covid-19,” kata Kuwat pada penandatanganan nota kesepahaman kerja sama uji diagnostik GeNose C19 antara UGM dengan RSUP Sardjito, di Yogyakarta, (26/10/2020).

Alat tersebut sudah mendapatkan izin dari Kementerian kesehatan untuk menjalani uji diagnostik di 9 rumah sakit mitra. Salah satunya di RSUP Dr Sardjito. Desain uji diagnostik berupa cross sectional dan triple blinded.

Sedangkan rekrutmen subjeknya multicenter consecutive sampling hingga tercapai jumlah sampel berimbang antara kelompok positif dan negatif Covid-19. Pada tahap awal GeNose akan difungsikan sebagai alat screening Covid-19 sambil dievaluasi akurasi, sensitivitas dan spesifisitasnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi