Ditargetkan Beroperasi April, Pembangunan Bandara NYIA Baru 30 Persen

Kuntadi ยท Sabtu, 19 Januari 2019 - 21:41:00 WIB
Ditargetkan Beroperasi April, Pembangunan Bandara NYIA Baru 30 Persen
Alat berat menyelesaikan pembangunan konstruksi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (14/12/2018).(ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

KULONPROGO, iNews.id – Pembangunan bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA) baru sekitar 30 persen. Meskipun sisa waktu tinggal dua bulan, PT Angkasa Pura (AP) I yakin pada bulan April nanti, bandara ini sudah akan bisa dioperasionalkan.

“Saat ini progressnya sudah 30 persen,” kata Direktur Utama PT AP I, Faik Fahmi saat mendampingi kunjungan Menteri Perekonomian Darmin Nasution untuk melihat perkembangan pembangunan bandara baru NYIA di Kabupaten Kulonprogo, Sabtu petang (19/1/2019).

Faik mengatakan, pada April nanti, airside, runway, dan apron harus sudah selesai 100 persen. Sementara dari sisi pembangunan terminal akan lebih fokus untuk terminal internasional saja dengan luas mencapai 12.900 meter.

“Ini adalah proyek strategis nasional yang harus berdampka signifikan kepada masyarakat,” ujar Faik.

Semakin cepat proyek pembangunan bandara selesai, akan semakin baik dampaknya. Proses pembangunan hingga kini berlangsung secara normal. “Nyaris tidak ada permasalahan di lapangan dan pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Manajemen siap memberikan penjelasan kepada siapa saja terkait progress pembangunan,” katanya.

Mengenai kunjungan menteri yang sudah beberapa kali datang untuk melihat progress pembangunan bandara NYIA, Faik mengaku senang. Setidaknya sudah ada tiga menteri yang datang selama proses pembangunan, yakni Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan kali ini Menko Perekonomian. Sejumlah komisi di DPR RI juga kerap datang untuk melihat perkembangunan pembangunan.

“Ini kan proyek strategis nasional dan kehadiran mereka menjadi semangat bagi kami,” ujarnya.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, sebenarnya pemerintah berharap penerbangan internasional di NYIA baru dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Namun, PT AP I cukup berjuang dan mampu menunjukkan perkembagan pembangunan yang bagus. “Kami tidak mengira akan begini, ini akan cepat berubah,” ujar Darmin.

Darmin mengatakan, bandara itu ditargetkan sudah bisa beroperasi untuk melayani penerbangan internasional pada April nanti. Selama ini di Yogyakarta hanya ada dua penerbangan internasional, dari Malaysia dan Singapura. Selebihnya turis asing akan datang lewat Bali atau Jakarta.

Namun, dengan adanya bandara baru ini, dipastikan akan banyak penerbangan internasional. Pasalnya, DIY merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. “Jogja akan lebih cepat maju pariwisatanya karena akan bisa didarati pesawat berbadan lebar,” katanya.

Darmin juga bangga dengan perkembangan pembangunan yang baik. Ini bisa dilihat dari konektivitas angkutan udara dan masyarakat sekitar. Meski belum terhubung dengan jalur kereta api, dari sisi udara bandara ini sudah akan bisa dimanfaatkan.

Editor : Maria Christina