Ditemukan 9 Domba Positif PMK, BBVet Ambil Sampel Domba di Bantul

Kuntadi ยท Senin, 23 Mei 2022 - 19:26:00 WIB
Ditemukan 9 Domba Positif PMK, BBVet Ambil Sampel Domba di Bantul
Pemeriksaan ternak untuk mendeteksi penyakit kuku dan mulut. (Foto: ilustrasi).

BANTUL, iNews.id - Balai Besar Veteriner (BBVET) mengambil sampel lima domba milik pedagang yang ada di Baturetno, Banguntapan, bantul. Menyusul ada sembilan domba dari tempat penampungan ini yang positif terinfeksi penyakit kuku dan mulut (PKM) setelah dibeli warga Sleman. 

“Tadi petugas BBVet mengambil sampel dari lima domba di salah satu penampungan ternak untuk memastikan positif tidak terkena PKM,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) Bantul, Joko Waluyo Senin (23/5/2022).

Populasi domba di tempat ini mencapai 56 ekor. Mayoritas kondisinya cukup sehat dan hanya ada lima yang diambil sampel untuk diuji di BBVet. Hasil pengujian akan keluar pada Rabu (25/5/2022).

Domba yang ada di penampungan ini, mayoritas diambil dari luar Bantul. Sedangkan sembilan ekor yang dinyatakan positif di Sleman diambil dari Garut, Jawa Barat. Pedagang itu sudah terbiasa memasok domba untuk memenuhi kebutuhan kuliner. 

“Jadi ternak yang ada itu untuk memenuhi kebutuhan kuliner dan sebagian persiapan Idul Adha,” katanya. 
 
Untuk mencegah penularan, Dinas akan melakukan pengecekan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), khususnya domba dari luar daerah. Setiap ternak yang masuk harus dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: