Ditinggal Salat Magrib di Masjid, Motor Jamaah di Kulonprogo Digondol Maling

Kuntadi ยท Senin, 20 April 2020 - 11:10 WIB
Ditinggal Salat Magrib di Masjid, Motor Jamaah di Kulonprogo Digondol Maling
Masjid Al Hidayah di Kelurahan Giripeni, Kapanewon, Wates, Kulonprogo lokasi TKP pencurian sepeda motor (Foto: Istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Aksi pencurian sepeda motor terjadi di Kabupaten Kulonprogo, Minggu (19/4/2020) petang. Sepeda motor Suharno (55) warga Gunung Gempal, Kalurahan Giripeni, Kapanewon, Wates, Kulonprogo, hilang digondol pencuri, saat melaksanakan ibadah salat Magrib di Masjid Al Hidayah, yang tidak jauh dari rumahnya.

Aksi pencurian ini terjadi saat jamaah tengah melaksanakan ibadah salat Magrib. Seperti biasanya, Suharno datang ke masjid dengan mengendarai sepeda motor Suzuki Spin dengan Nopol AB 2250 KC. Begitu tiba di halaman masjid langsung memarkir sepeda motornya dan langsung masuk ke dalam masjid.

Namun, ketika selesai salat dan hendak pulang, korban kaget karena sepeda motornya tidak ada. Padahal ibadah salat Magrib hanya beberapa menit saja. Bahkan beberapa jamaah ada yang datang terlambat masih mendapati sepeda motor tersebut terparkir berjejer dengan sepeda motor yang lain.

“Selesai salat saya cari sepeda motor, tetapi tidak ada. Kemudian lapor polisi,” kata Suharno.

Kapolsek Wates Kompol Endang Suprapto mengatakan begitu mendapatkan laporan, anak buahnya sudah mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah TKP. Namun saksi kejadian sangat minim. Sebagian besar saksi saat itu tengah melaksanakan ibadah salat magrib. Sementara lokasi masjid juga hanya sekitar 50 meter dari jalan raya. Ditaksir kerugian mencapai Rp5 juta.

“Kita masih dalam kasus ini dengan melakukan penyelidikan,” ucap Endang.

Pihak polisi juga sudah mempelajari dari rekaman CCTV. Dimana tampak pelaku seorang pemuda yang terlihat berjalan di halaman masjid. Setelah salat dimulai dia beraksi dengan menggunakan kunci palsu atau kunci T. Tidak lebih dari satu menit, pelaku bisa menghidupkan mesin motor an langsug kabur.

“Kita masih dalami dari rekaman CCTV,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, di bengkel mobil di Gadingan, Wates, Kulonprogo juga terjadi aksi pencurian sebuah mobil pickup jenis Mitsubishi Colt T dengan Nopol B9429 IK. Mobil ini milik pelanggan yang sedang dikerjakan dibengkel.

“Itu sudah jadi dan mau diambil, tetapi paginya sudah hilang,” kata pemilik bengkel Puji.


Editor : Nani Suherni