Ditpolairud Polda DIY Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Kuntadi ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 16:19 WIB
Ditpolairud Polda DIY Sukses Wujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19
Ditpolairud DIY Menanam cabai untuk ketahanan pangan di tengan pandemin Covid-19. Foto : Kuntadi/iNews.id

KULONPROGO, iNews.id – Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda DIY sukses mewujudkan ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19. Mereka mampu mengembangkan pertanian dengan menanam cabai di lahan pesisir Glagah yang ada di sekitar Pos Polairud Glagah, Kulonprogo.

“Ini adalah program ketahanan pangan yang telah kami kembangkan,” kata Direktur Polairud Polda DIY, AKBP Rudi Rifani, dalam Penanaman dan Panen Cabai Bersama Kapolda DIY, Brigjen Pol Asep Suhendar, Selasa (23/6/2020).

Tanaman cabai yang dipanen, sudah ditanam semenjak 20 Maret 2020 lalu. Saat ini telah memasuki masa panen. Selama proses penanaman, perawatan hingga panen, polisi melibatkan para petani lokal. Sehingga hasil panenan juga diserahkan kepada masyarakat yang ikut mengelola.

“Hasilnya sepenuhnya kita serahkan kepada masyarakat,” katanya.

Pada penanaman awal, ada 2.800 bibit yang ditanam. Sedangkan hari ini ada 3.000 bibit yang diharapkan sudah bisa dipanen pada bulan Oktober nanti. Lahan yang ada, merupakan lahan pesisir yang cukup subur. Tanaman cabai di lahan pesisir memiliki masa panen yang lebih lama dibanding lahan persawahan.

“Kita juga bagikan sembako untuk warga sekitar yang terdampak Covid-19, dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-74,” ucap Rifai.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto berharap apa yang sudah dilakukan Polairud ini bisa dikembangkan di daerah lain. Polisi harus bisa mempelopori terwujudnya ketahanan pangan, selaras dengan program pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga ini bisa dicontoh masyarakat lain,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi