Dongkrak Produktivitas Petani, Pemkab Sleman Hibahkan Alat-Alat Pertanian

Heru Trijoko · Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:49:00 WIB
Dongkrak Produktivitas Petani, Pemkab Sleman Hibahkan Alat-Alat Pertanian
Bupati Sleman Kustini menyerahkan bantuan alat pertanian kepada salah satu kelompok tani. (foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyalurkan bantuan hibah alat dan mesin pertanian kepada 29 kelompok tani. Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas petani. 

“Bantuan ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas petani,” kata Kustini saat menyerahkan bantuan hibah alat dan mesin pertanian di Padukuhan Sindon, Selomartani, Kalasan, Rabu (24/8/2022).

Kustini mengatakan, petani saat ini menghadapai tiga permasalahan yakni berkurangnya lahan, SDM-nya, dan alat pertanian. Dengan hibah peralatan ini diharapkan produksi perkebunan dan hortikultura di Kabupaten Sleman meningkat.

“Ketika hasil panen meningkat, maka perekonomian juga meningkat," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Suparmono mengatakan bantuan hibah yang diserahkan senilai Rp306 juta yang berasal dana hibah berasal dari pokir DPRD Sleman dan reguler.

"Ada 50 alat yang diserahkan, di antaranya 2 buah motor roda 3, 8 kultivator, 2 pompa air, 2 chopper, 24 mesin potong rumput, 2 pelontar dan 10 hand sprayer," katanya. 

Sebelumnya Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman sudah memberikan hibah alat pertanian dan pakan senilai Rp1,6 miliar yang dibagikan di Kapanewon Godean. Dana ini bersumber Dana Alokasi Khusus dan APBD Kabupaten Sleman.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: